by

Vaksin Covid-19 di Gratiskan, Terdapat Pihak yang Diuntungkan?

Bisnis memang selalu jadi yang terkuat dalam situasi apapun. Mengambil keuntungan bisa dengan berbagai cara, tergantung cara kita mengaturnya. Bisa menjadi baik apabila berbisnis dengan cara sehat dan bahkan bisa menjadi buruk apabila proses berbisnis kita tidak secara sehat. Banyak yang merasa diuntungkan dalam masa pandemic corona virus yang terjadi saat ini. Mulai para pebisnis masker, handsanitizer, online shop, dan lainnya yang berbau APD covid-19 serta pebisnis online. Dengan wabah seperti sekarang ini kita juga dituntuk untuk sekreatif mungkin dalam melakukan segala hal. Agar dapat menghasilkan kemanfaatan bagi diri kita dan orang lain.

Vaksin masih dalam perbincangan hangat di media sosial. Peran vaksin sedang sangat dibutuhkan oleh seluruh dunia, guna untuk pemulihan bumi seperti sedia kala. Vaksin akan disebar luaskan secara gratis kepada seluruh warga tanah air.

Garuda ikut andil dalam pendistribusian vaksin covid-19 sebagai maskapai yang memiliki sertifikat Pharmaceutical Certificate untuk Pharmaceutical Good Distribution Practice (GDP) pada bulan November lalu. Garuda sebagai maskapai pertama yang mengantongi sertifikat itu, diperuntukan layanan kargo barang farmasi, obat-obatan, dan vaksin. Irfan Saputra selaku Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menegaskan bahwa Garuda siap  mengantarkan vaksin covid-19 keseluruh penjuru Indonesia.

Pihaknya termasuk anak usaha Citilink sudah menyiapkan armada untuk mengemban tugas distribusi itu. Apalagi pemerintah sudah memastikan akan menggratiskan vaksin covid-19 bagi seluruh warga Indonesia. Nampaknya Garuda sudah mempercayakan anak usahanya yaitu Citilink siap membantu jika di butuhkan. Akan tetapi sejauh ini belum ada penugasan untuk Garuda dalam pengangkutan vaksin covid-19. Pihak garuda juga mengatakan bahwa sudah mengajukan pro[osal untuk penugasan dari stakeholder, garuda sudah siap sepenuhnya. Namun, jika ditugaskan untuk maskapai lain juga tidak apa-apa tuturnya, karena ini menyangkut permasalahan kemanusiaan.

Sisi lain dari pihak garuda?

Garuda sudah mempersiapkan apa yang telah dilakukan dalam proses pendistribusian vaksin covid-19 dan misi kesehatan ini adalah angkutan yang siap di bawa ke rute yang dimiliki. Maskapai pelat merah juga sudah melatih awak kabin, terkait prmbawaan kargo khusus. Dalam persiapannya kulitas safety dan security pada cargo handling, penerapan protokol higenitas produk, dan akurasi waktu pengiriman kargo menjadi bagian penting dalam rantai distribusi produk farmasi. Komitmen-komitmen dari perusahaan yang telah siap dalam segala tantangan. Diketahui karena garuda telah memiliki sertifikat farmasi. Garuda berharap melalui angkutan argo farmasi,  dapat memperluas bisnis menjadi potensi dasar untuk peluang bisnis kedepan.

Bukan semata karena bisnis semata saja menurut Perseroan dalam mengangkut argo farmasi ini, bukan juga menggait keuntungan besar, tetapi tujuan lainnya semata-mata ingin memberikan bantuan dan peran sebagai wakil dari perusahaan Negara yang dapat berpatisipasi dalam sisi kemanusian saat kondisi pandemik covid-19 yang sangat di prihatinkan. Beruntungnya lagi tidak hanya Garuda (Persero) saja yang ikut berpatisipasi. Dibutuhkan kesadarannya dari pihak lainnya dalam kontribusian membantu menyelesaikan kasus ini. Kita juga sebagai pembaca senantia untuk menjaga kesehatan dan patuhi protokolnya, hindari berkerumunan, pakai masker, dan selalu cuci tangan. Karena sehat itu mahal.

Hai, pembaca setia artikel Halodoc, apakah kalian sudah jelas dalam paparan pemberitaan diatas? Jika masih kurang puas u tuk menggali beritanya, segera download aplikasi Halodoc. Disajikan berbagai fitur Tanya dokter yang anda percaya.

Referensi :

  • CNBC Indonesia. Diakses pada 17 Desember 2020. Bos Garuda Buka-Bukaan Soal Distribusi Vaksin Covid-19 RI
  • Ekonomi.bisnis.com. Diakses pada 16 Desember 2020. Vaksin Covid-19 Gratis, Garuda (GIAA) Makin Siap Jadi Distributor

News Feed