Bepergian menggunakan kereta api masih menjadi salah satu pilihan utama banyak orang. Ini dikarenakan kereta api dianggap menawarkan beberapa kenyamanan yang tidak dimiliki oleh transportasi umum lainnya. Contohnya, kalau naik kereta api kamu tidak akan terkena macet, harga tiketnya lebih murah, dan kamu akan lebih cepat sampai di tengah kota tujuan karena kebanyakan stasiun kereta api terletak di tengah kota. Kereta api juga tersedia dalam berbagai macam kelas, mulai dari ekonomi, bisnis, hingga eksekutif. Jadi, kamu bisa memilih yang sesuai dengan budgetmu. Kalau kamu berencana bepergian menggunakan kereta dalam waktu dekat, ikut tips berikut ini untuk naik kereta api praktis dan hemat.

Pesan Tiket Secara Online

Di era digital sekarang ini, kamu tidak perlu lagi pergi ke stasiun kereta dan mengantri panjang untuk memesan tiket. Sekarang banyak online travel agent atau aplikasi booking tiket online yang bisa kamu manfaatkan untuk memesan tiket kereta dengan cepat dan mudah. Hanya dengan mengandalkan gadgetmu dan koneksi internet, kamu sudah bisa memesan tiket kereta sesuai tujuanmu. Bahkan PT. KAI pun sudah mempunyai aplikasi online agar kamu bisa memesan tiket secara online. Cukup klik sana sini dan kamu sudah bisa mendapatkan e-ticket yang tidak akan hilang.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan harga tiket kereta yang lebih murah kalau kamu memesannya melalui online travel agent. Ada banyak spesial promo dan diskon, terutama pada saat-saat tertentu seperti long weekend yang membuat tagihan yang harus kamu bayar lebih murah daripada pesan secara offline di stasiun kereta. Tentunya ini akan sangat menghemat budget travelingmu, kan?

Bawa Barang Bawaan Secukupnya

Tips selanjutnya untuk naik kereta agar praktis adalah membawa barang secukupnya saja. Usahakan jangan membawa barang terlalu banyak atau berlebihan agar kamu bisa lebih fleksibel saat naik dan turun kereta. Kalau kamu bepergian jarak dekat, satu tas ransel saja seharusnya sudah cukup. Atau kalau kamu bepergian jarak jauh, satu koper besar atau medium size bisa jadi pilihan. Selain membuat mobilitas kamu jadi lebih praktis, membawa barang secukupnya saat naik kereta juga akan memberikan orang lain ruang yang cukup untuk barang bawaan mereka. Karena kereta adalah alat transportasi umum, jadi jangan lupa berbagi untuk kenyamanan satu sama lain, ya.

Bawa Bekal Makanan Sendiri

Untuk kereta api jarak jauh, PT. KAI menyediakan layanan makanan atau restoran yang diberi nama PT. RESKA atau singkatan dari Restoran Kereta Api. Restoran ini menyediakan berbagai macam makanan, minuman hangat dan dingin, dan bahkan makanan ringan. Namun, makanan dan minuman yang dijual restoran kereta api ini cenderung lebih mahal daripada yang dijual di luar sana. Kalau diluar kamu bisa menikmati nasi goreng dengan harga sekitar Rp. 12.000, disini kamu harus membayar sekitar Rp. 30.000. Faktor tidak adanya saingan yang membuat restoran kereta api ini berani menjual makanan dan minuman dengan harga yang lebih mahal.

Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Dengan begini, kamu bisa menghemat banyak uang. Kamu bisa memasak nasi goreng sendiri di rumah dan menjadikannya bekal makanan untuk di kereta. Atau kalau kamu mau yang lebih praktis, beli saja biskuit atau roti dan air putih. Praktis dan hemat, kan?

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Saat kamu bepergian menggunakan kereta api, akan lebih baik kalau kamu menghindari mengenakan pakaian yang berlebihan. Gunakanlah pakaian yang nyaman dan sederhana. Ini bertujuan agar mobilitasmu tidak terganggu dengan pakaian yang ribet, terutama saat kamu harus naik dan turun kereta. Hindari menggunakan high heels atau sepatu hak tinggi lainnya karena biasanya jarak kereta dan tanah lumayan tinggi. Hal ini bertujuan agar kamu tidak mengalami cedera saat naik atau turun kereta.

Itu tadi adalah tips yang bisa kamu ikuti agar perjalanan keretamu praktis dan hemat. Jadi, jangan ragu lagi untuk bepergian dan berlibur menggunakan kereta api, ya!