by

Tips Merawat Knalpot Tetap Awet Dan Selalu Kinclong

Halo Logisme mania, knalpot harus dirawat dengan baik supaya tidak menguning. Karena, knalpot yang telah berubah warna menjadi kekuning-kuningan menandakan kalau knalpot tersebut akan berkarat sebentar lagi. Ini merupakan masalah yang sangat ditakuti oleh para pemilik sepeda motor.

Logisme mania semua tentu tidak ingin kalau knalpot tiba-tiba berkarat kan? Karat dapat menyebabkan timbulnya lubang pada knalpot sehingga performanya melemah. Logisme mania harus mewaspadai tanda awal kerusakan pada knalpot ini.

knalpot

Cara perawatan yang Logisme mania berikan kepada knalpot berpengaruh besar terhadap kondisi komponen motor yang satu ini. Walaupun permukaan knalpot mudah sekali kotor, tapi Logisme mania tetap harus menjaga kebersihannya.

Jangan biarkan partikel-partikel kotoran maupun debu menempel di knalpot sepeda motor kesayangan Logisme mania dan mengotorinya. Sebisa mungkin Logisme mania perlu mengelap permukaan knalpot ini setiap hari. Setidaknya Logisme mania harus membiasakan diri mulai dari sekarang untuk mulai membersihkan knalpot ini.

Di bawah ini tips dan trik dalam merawat knalpot motor supaya kondisinya tidak menguning!

Permukaan knalpot wajib di lap setiap hari

Logisme mania harus mau repot sedikit kalau ingin kondisi knalpot pada sepeda motor Logisme mania senantiasa bagus. Sebab memang merawat knalpot itu tidak mudah. Hal yang paling sederhana ialah, Logisme mania perlu mengelap permukaannya setiap hari.

Sebelum kondisinya terlanjur memburuk, Logisme mania harus mau membersihkan knalpot ini setiap hari. Tidak perlu banyak peralatan. Logisme mania hanya membutuhkan kain microfiber yang basah untuk mengelapnya. Kemudian semprotkan cairan pembersih knalpot guna membuatnya lebih mengkilap dan terlindungi.

Usahakan knalpot selalu dalam keadaan kering

Knalpot harus dijaga kondisinya agar selalu dalam keadaan kering. Semua logam termasuk knalpot akan mudah berkarat apabila terus terkena air dan udara. Jagalah kondisi knalpot ini supaya kondisinya tetap kering. Jangan biarkan knalpot ini basah.

Setelah selesai mencuci sepeda motor, diwajibkan untuk mengeringkannya menggunakan kain microfiber. Usaplah permukaan knalpot ini dengan gerakan yang searah dan perlahan-lahan. Gunakan kain yang bersih agar tidak menimbulkan goresan di permukaannya.

Selalu membilas knalpot sehabis kehujanan

Air hujan bersifat asam sehingga dapat menyebabkan benda-benda logam yang dikenainya berkarat. Logisme mania harus waspada terhadap air hujan yang mengenai sepeda motor. Tidak apa-apa Logisme mania berkendara di tengah hujan deras.

Asalkan setelah sampai di rumah, Logisme mania membilas motor tersebut menggunakan air bersih. Siramkan air ini ke seluruh bagian motor, terutama knalpotnya. Setelah itu, lap seperlunya menggunakan kain microfiber. Jangan lupa untuk mengeringkannya lagi ya.

Mengolesi permukaan knalpot dengan oli

Perawatan selanjutnya yang harus Logisme mania berikan kepada knalpot ialah mengoleskan oli ke seluruh permukaannya secara rutin. Di sini Logisme mania bisa memakai oli bekas pakai karena hanya akan digunakan di permukaan luar knalpot. Pakailah sikat gigi bekas untuk mengoleskan oli tadi ke permukaan knalpot. Kemudian ratakan oli ini sambil terus disikat. Pastikan oli dapat menutupi seluruh permukaan bagian luar knalpot, termasuk lehernya. Tunggu sekitar 10-15 menit agar oli. Lalu nyalakan mesin motor guna memanaskan knalpotnya.

knalpot

Jika habis dari pantai, wajib dicuci bersih!

Selain air hujan, air laut juga sangat berbahaya bagi knalpot kendaraan roda dua Logisme mania. Sebab air laut yang bersifat basa ini pun mempunyai potensi yang sama dapat mengakibatkan knalpot motor berkarat.

Meskipun motor Logisme mania tidak terkena air laut secara langsung, tetapi uap air di sekitar pantai mengandung kadar garam yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Logisme mania tetap harus mencuci sepeda motor sampai bersih setelah pergi dari pantai. Basuhlah semua bagian motor Logisme mania menggunakan air hingga kotorannya hilang semua.

News Feed