Anak merupakan salah satu anggota keluarga yang akan dijaga dengan baik oleh orangtuanya. Sehingga apabila mengalami salah satu penyakit biasanya akan langsung ditangani dengan cepat agar penyakit tersebut dapat ditangani dengan segera dan bisa sembuh. Ketika anak terserang penyakit, biasanya Anda perlu untuk membawanya ke dokter spesialis anak. Sehingga bagi Anda yang tinggal di Jakarta Utara misalnya bisa untuk memilih dokter spesialis anak Jakarta Utara yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan keluarga.

Dokter spesialis anak adalah dokter yang mempunyai fokus pada kesehatan anak-anak. Baik itu untuk menangani masalah fisik anak, mental, emosional, sosial anak-anak, dan juga tumbuh kembangnya mulai dari anak-anak hingga remaja. Batas usia dari menangani masalah anak tersebut adalah apabila anak sudah berusia remaja dan menginjak tahap dewasa yaitu usia legal yang ada di Indonesia mulai dari 18 tahun. Dokter spesialis anak mempunyai tugas untuk memberikan pencegahan terhadap berbagai penyakit yang bisa diderita oleh anak agar anak tersebut tetap sehat. Selain itu dokter juga mempunyai tugas untuk mengobati penyakit baik itu penyakit yang kecil maupun yang akut.

Untuk dapat memilih dokter spesialis anak Jakarta Utara sehingga bisa mendapatkan dokter yang terbaik, ada beberapa cara yang bisa diperhatikan seperti berikut:

  1. Langkah pertama adalah dengan melihat jejak rekam dari dokter yang akan dipilih. Anda bisa melihat profil dari dokter anak yang akan dipilih dan juga melihat review secara teliti.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih dokter anak berdasarkan referensi dari orang lain yang sudah terpercaya dan pernah menggunakan dokter anak tersebut.
  3. Langkah lainnya adalah memilih dokter yang bisa dekat dan membuat anak-anak nyaman ketika diperiksa. Hal ini sangat penting agar anak tidak ketakutan apabila sedang dibawa ke dokter.

Ketika akan ke dokter anak, keluarga perlu untuk mengetahui beberapa jenis penyakit yang dapat diobati oleh dokter anak. Adapun untuk macam kondisi bayi, anak, dan remaja yang dapat diperiksa dan juga diobati oleh dokter spesialis anak adalah:

  1. Hal pertama adalah mengenai evaluasi pertumbuhan dan juga perkembangan anak. Dokter anak akan melakukan evaluasi dan juga mendeteksi apabila ada gangguan yang diderita anak.
  2. Hal selanjutnya adalah dokter akan melakukan edukasi mengenai kenyamanan, gaya hidup, dan juga cara menyusui yang tepat.
  3. Hal lainnya adalah dokter juga bertanggung jawab memberikan imunisasi sesuai usia dan jadwal.
  4. Dokter juga bisa untuk memonitor kondisi bayi prematur dan memberikan penanganan yang dibutuhkan.
  5. Dokter melakukan diagnosa penyakit yang diderita anak baik secara fisik dan juga mental.

Sehingga dengan melakukan hal tersebut, dokter juga akan dapat untuk melakukan upaya pengobatan yang dilakukan seperti di bawah ini:

  1. Hal pertama adalah dokter bisa melakukan penelusuran riwayat medis pada kehamilan dan persalinan ibu.
  2. Selanjutnya bisa melakukan penyuntikan untuk memberikan obat dan vaksin.
  3. Menentukan langkah perawatan rawat jalan atau rawat inap.
  4. Memberikan pertolongan medis dan obat yang sesuai dengan penyakit yang diderita anak.

Dokter spesialis anak Jakarta Utara akan mengetahui apa yang harus dilakukan untuk dapat menangani masalah kesehatan yang diderita anak. Dan sebagai orangtua atau keluarga juga bisa untuk membantu tugas dokter tersebut dengan menyiapkan beberapa hal ketika akan bertemu dokter. Seperti misalnya riwayat kehamilan, riwayat persalinan, dan juga status tumbuh kembang dan imunisasi yang dilakukan anak.