by

Tips Membasmi Serangan Rayap Pada Perabotan Rumah

Rayap adalah salah satu masalah yang sering dijumpai di rumah dan juga pada furniture kayu. Pastinya masalah ini sangat menjengkelkan sekali bukan? karena masalah akan membuat perabotan rumah tangga yang berbahan kayu tidak tahan lama. Sehingga jika masalah ini timbul pada rumah kamu dan juga perabot maka harus mengeluarkan uang untuk membeli peralatan rumah tangga yang baru. Tapi jangan khawatir saya di sini akan membeberkan beberapa tips atau cara membasmi rayap yang mudah untuk kamu tiru di rumah tentu juga sangat mudah.

1. Perbanyak ventilasi di rumah

Biasanya rayap lebih menyukai tempat yang lebih lembab serta minim terkena sinar matahari. Untuk itu kamu yang memiliki rumah dengan peralatan atau perabot yang menggunakan bahan kayu, kamu bisa mengusir rayap dengan membangun dan memperbanyak ventilasi di dalam rumah. Hal ini dilakukan agar sinar matahri bisa masuk ke setiap sudut rumah. Namun jika sudah terlanjur terkena rayap, maka cara yang tepat adalah jemur di area terbuka sehingga langsung terkena sinar matahari.

2. Bersihkan halaman dari genangan air

Jika ada beberapa tempat dimana area tersebut entah di luar rumah ataupun didalam yang tergenang air, maka di situlah rayap akan datang dan kemudian berkembang biak. Tenang ada cara paling efektif untuk dilakukan mencegah adanya genangan air entah di halaman maupun selokan di sekitarnya. Ditambah lagi ketika musim penghujan datang, tentu saja area halaman rumah dan selokan akan mudah tergenang air. Cara menghindarinya, akan lebih baik jika menyediakan tempat penampungan air hujan sehingga nantinya bisa langsung dibuang dan dibersihkan. Bukan hanya dapat membasmi rayap, langkah ini bisa juga berguna untuk mencegah nyamuk berkembang biak sehingga menyebabkan demam berdarah.

3. Segera perbaiki keramik atau pipa yang rusak

Pasti kelihatan cara ini terlihat sepele, Akan tetapi adanya keramik yang rusak ataupun pipa yang rusak ini maka akan menyebabkan rongga dan ini dapat membuat air lebih gampang masuk ke dalam rumah. Jika begitu, hal ini akan mengakibatkan kondisi rumah menjadi lebih lembab. Kemudian jika ada pipa yang bocor, maka rumah akan punya tingkat kelembapan di dalam rumah meningkat. Dengan adanya dua kondisi ini akan memancing masalah rayap untuk datang dan berkembang biak di dalam rumah.

Hal yang terbaik adalah segera perbaiki setiap keramik yang rusak dengan cara menambal dengan semen putih dan akhirnya bisa rapat kembali dan tidak ada celah untuk rayap bisa masuk menyerang. Bukan hanya itu periksa juga pipa saluran air, jika ada yang bocor segeralah langsung tambal menggunakan lem pipa sehingga tidak merembes ke mana-mana.

4. Menutup retakan di setiap sisi rumah

Dan yang terakhir yang harus kamu perhatikan dalam mencegah rayap masuk ke dalam rumah, yaitu memeriksa kondisi rumah secara berkala. Hal ini untuk menyisir adanya retakan yang ada di dinding, ataupun lantai serta furnitur-furnitur berbahan kayu. Jika nantinya adanya retakan ini akan menjadi jalan untuk rayap, dan ini akan menjadi masalah bahkan kamu bisa kewalahan untuk mencari cara membasminya saat koloni sudah terbentuk.

Jika memang nantinya ditemukan adanya celah ataupun retakan, maka segera tutup dengan cara gunakan semen putih ataupun campuran semen dengan air saja. Jika tidak bisa, kamu  bisa minta bantuan kepada tukang bangunan untuk menutupnya sehingga rumah akan menjadi lebih aman dari serangan rayap.

Nah, itu dia tadi beberapa tips yang dapat kamu lakukan sendiri dirumah untuk membasmi rayap, yaitu dengan cara membasmi rayap diatas yang telah saya rekomendasikan.

News Feed