Telat Menstruasi, Ada Tips untuk Mempercepat Haid yang Aman

Kesehatan63 views

Bagi beberapa wanita menstruasi kerap mengganggu aktivitas- sehari-haro. Tak sedikit yang mencari  cara mempercepat haid, agar menstruasi tidak muncul saat kondisi penting.

Misalnya, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang mengingingkan agar haid datang lebih cepat. Ada acara penting yang harus dihadiri, sudah merencanakan perjalanan liburan, hendak mengikuti pertandingan renang, ingin menunaikan ibadah umrah atau karena memang terlambat menstruasi. Cara cepat haid, ada beragam cara yang dapat dilakukan dengan obat maupun secara alami. 

1. Menggunakan kontrasepsi hormonal

Aat kontrasepsi hormonal merupakan cara yang efektif untuk mengubah siklus menstruasi. Jenis kontrasepsi hormonal yang dapat digunakan antara lain cincin vagina dan pil. Pil kontrasepsi merupakan gabungan dari progestin dan estrogen. Jika pil tersebut dikonsumsi selama 21 hari, lalu penggunaannya dihentikan atau diganti dengan pil plasebo selama 7 hari, maka dalam waktu 7 hari tersebut menstruasi akan terjadi.

Untuk membuat haid datang lebih cepat, Anda dapat lebih cepat menghentikan penggunaan pil kontrasepsi tersebut. Namun perlu diingat, apabila penggunaan pil dihentikan, maka kemungkinan terjadinya kehamilan pun akan meningkat.

2. Konsumsi vitamin C

Vitamin C dipercaya dapat meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron di tubuh. Hal ini kemudian akan membuat uterus atau rahim berkontraksi, dan dinding rahim pun akan luruh, sehingga terjadi menstruasi.

Meski begitu, belum ada penelitian yang bisa memastikan cara mempercepat haid ini. Sehingga, Anda perlu lebih berhati-hati saat melakukannya. Jangan konsumsi suplemen vitamin C berlebihan, karena dapat berbahaya untuk kesehatan.

3. Olahraga yang teratur

Olahraga ringan dapat membantu otot menjadi lebih rileks, sehingga dapat membantu haid datang lebih cepat. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan cara mempercepat haid yang satu ini.

4. Diet dan menjaga berat badan

Perubahan berat badan dapat memengaruhi siklus menstruasi. Berat badan yang terlalu rendah, berisiko menyebabkan haid menjadi tidak teratur atau justru sama sekali berhenti. Sebab, tubuh memerlukan lemak untuk memproduksi hormon yang terkait dengan menstruasi.

Memiliki berat badan berlebih juga dapat membuat siklus menstruasi tidak teratur. Sehingga, Anda perlu memerhatikan asupan gizi untuk menjaga berat badan tetap pada batas ideal.

5. Kurangi aktivitas fisik yang terlalu berat

Wanita yang berprofesi sebagai atlet profesional, seringkali mengalami menstruasi yang tidak teratur. Sebab, olahraga dapat mengurangi kadar estrogen di tubuh, yang mengakibatkan darah haid tidak keluar. Untuk mempercepat datangnya haid, Anda bisa mengurangi intensitas olahraga yang berat, agar kadar hormon di tubuh dapat kembali seimbang.

6. Berhubungan seksual

Aktivtias seksual dapat memicu terjadinya menstruasi. Mengalami orgasme saat melakukan hubungan seksual, akan membuat leher rahim Anda melebar. Sehingga, akan ada daya yang menarik darah haid untuk turun. Selain itu, melakukan hubungan seksual secara teratur juga dapat mengurangi stres, sehingga membantu siklus menstruasi berjalan lebih teratur.