Cara Mengatasi Mual Saat HamilKetika hamil muda, maka bunda mungkin lebih sering merasakan mual. Hal itu terjadi tentunya sebagai reaksi tubuh terhadap perubahan yang terjadi di dalamnya. Oleh karena itu, mual ini tentunya akan dirasakan oleh hampir semua wanita ketika hamil muda.

Mual seringkali berakhir muntah. Seperti disebutkan dr Marjorie Greenfield misalnya, wanita yang hamil muda 70 persen di antaranya mengalami mual. Sedangkan 50 persen dari angka tersebut, akan muntah setelah mual. Muntah tentunya akan berbahaya, karena nutrisi yang dibutuhkan baik oleh ibu, maupun untuk si buah hati akan terbuang.

Ada beberapa wanita yang ringan frekuensi mualnya, namun ada juga yang lebih sering mual, sehingga kerja sehari-hari akan menjadi terganggu. Tapi, ada beberapa cara untuk mengatasi mual bagi wanita, berikut beberapa di antaranya.

1. Makan Permen Jahe

Ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi mual, atau setidaknya menguranginya. Saat mual datang, Anda bisa mencoba makan permen jahe. Tentunya, terus konsumsi permen tersebut, sampai mual yang mendera Anda segera mereda. Anda juga bisa mengiris jahe tipis, dan masukkan dalam air hangat atau teh misalnya. Hal ini bisa Anda lakukan apabila sulit mencari permen jahe. Anda tinggal meminum air tadi, dengan satu irisan tipis jahe, sampai rasa mual tersebut perlahan menghilang.

2. Lakukan hal yang Anda sukai

Mual hadir dari pikiran juga. Oleh karena itu, Anda bisa mengalihkan pikiran ke sesuatu hal lain yang bisa membuat Anda lupa dengan mual tersebut. Mungkin bermain games di smartphone, atau membaca dan hal-hal lainnya. Beberapa wanita memilih berolahraga ringan untuk mengurangi mual tersebut.

Terpenting, hindari hal-hal yang bisa membuat Anda merasa mual di waktu sebelumnya. Misalnya, sebelum hamil Anda memang udah mual dengan bau durian. Maka, ketika hamil, hindari sebisa mungkin aroma tersebut. Jadi, Anda tidak memancing mual tersebut datang, tentu saja dengan menghindari aroma atau hal lain yang bisa membuat Anda mual.

3. Istirahat dan cairan yang cukup

Cara berikutnya adalah pastikan Anda memiliki jadwal istirahat yang cukup, begitu juga dengan cairan. Mulai dari tidur siang, atau beristirahat yang cukup di waktu lainnya, tentu bisa membuat Anda akan terhindar dari mual.

Selanjutnya, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh ketika hamil. Perlu diketahui bahwa kebutuhan tubuh saat hamil, tentunya jauh lebih banyak dari orang biasa. Ketika di hari normal, Anda membutuhkan sekitar 8 gelas air per hari, maka ketika hamil, Anda membutuhkan 12 gelas per hari.

Apabila tubuh terhidrasi dengan cukup, maka rasa mual apalagi muntah, bisa dikurangi. Sebab, suhu tubuh Anda terjaga dan cairan tubuh terpenuhi.

4. Mencium aroma segar

Sensitifitas dari penciuman bunda ketika hamil meningkat tajam. Itulah kenapa di awal tadi, direkomendasikan untuk menghindari aroma yang bisa membuat mual. Apabila, mual Anda disebabkan oleh tercium aroma yang Anda tidak sukai, maka segera normalkan dengan mencium aroma yang segar.

Aroma bunga, buah beraroma segar dan sebagainya, tentu bisa menjadi solusi jitu untuk Anda menghilangkan rasa mual tersebut. Tapi, hindari wangi yang tidak alami seperti pengharum ruangan atau parfum, karena itu bisa memperburuk mual Anda.

Demikian beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa mual bagi wanita hamil. Jadi, Anda bisa mencobanya ketika rasa mual menyerang Anda. Terpenting, harus bisa membantu tubuh Anda kembali normal, sebelum terjadi muntah.