Resep Opor Ayam Bumbu Kuning Yang Lezat

Masakan111 views

Opor ayam adalah salah satu makanan khas saat hari raya. Makanan yang terdiri dari ayam yang diberi kuah santan ini merupakan salah satu makanan yang sangat disukai oleh orang Indonesia saat hari-hari penting. Olahan opor ayam sendiri memiliki banyak sekali jenis sesuai dengan kebiasaan daerahnya masing-masing.

 Salah satu jenis opor ayam yang banyak disukai yaitu opor ayam bumbu kuning. Biasanya opor ayam bumbu kuning ini akan disajikan bersamaan dengan ketupat, sambal goreng hati kentang, dan juga bawang goreng untuk melengkapi kenikmatannya.

Buat kamu yang penasaran dengan resep dan cara membuat opor ayam bumbu kuning ini, jangan khawatir karena di bawah ini terdapat bahan-bahan yang diperlukan lengkap dengan cara membuat opor ayam bumbu kuning yang rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Bahan Membuat Opor Ayam

Bahan-bahan : Bumbu Halus :
·         1 ekor ayam, potong-potong ·         10 siung bawang merah
·         1 liter santan kelapa ·         8 siung bawang putih
·         3 lembar daun salam ·         1 sdm ketumbar
·         3 lembar daun jeruk ·         1 sdm merica
·         2 batang serai ·         ¼ sdm jintan
·         1 ruas lengkuas ·         ¼ sdm biji pala
·         1 sdt garam ·         1 ruas kunyit
·         ½ sdt gula pasir ·         1 ruas jahe
·         ½ sdt bumbu penyedap ·         50 gram kemiri
·         3 sdm minyak goreng
·         ½ liter air

Jangan lupa untuk mencuci beberapa bahan-bahan di atas seperti ayam dan juga bumbu yang akan dihaluskan sebelum masuk ke dalam proses pembuatan opor ayam ini agar nantinya olahan makanan ini tetap higienis. Setelah itu mari kita mulai proses pembuatannya.

  1. Masukan semua bahan-bahan bumbu halus ke dalam blender kemudian haluskan.
  2. Setelah bumbu dihaluskan, siapkan wajan dan beri minyak secukupnya untuk menumis, masukan bumbu halus tadi lalu masukan juga daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas yang sudah digeprak lalu tumis hingga harus dan bumbu matang.
  3. Setelah bumbu halusnya matang, masukan semua ayamnya dan masak ayam dengan bumbu sampai bumbunya menyelimuti seluruh permukaan ayam.
  4. Setelah itu masukan air, garam, gula, dan juga penyedap ke dalam panci tersebut. Lalu aduk-aduk sampai semuanya merata. Masak ayam dengan api sedang sampai ayamnya empuk dan airnya sedikit menyusut.
  5. Setelah airnya mulai menyusut tambahkan santan ke dalam panci dan masak kembali ayam tersebut sampai semua bumbunya benar-benar meresap.
  6. Jangan lupa koreksi rasa sebelum opor ayam ini disajikan, jika dirasa sudah sesuai selera anda maka opor ayam bumbu kuning ini sudah bisa dipindahkan kedalaman piring saji ataupun bisa langsung Anda santap dengan lauk pendamping favorit Anda.

Bagaimana ? apa Anda tertarik untuk langsung mencoba resep opor ayam bumbu kuning ini. Jika dilihat dari komposisi bahan-bahan yang dibutuhkan memang sepertinya makanan ini cukup sulit untuk dibuat, Tetapi sebenarnya makanan ini tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Hal yang perlu Anda lakukan yaitu Anda hanya harus mempersiapkan bahan-bahan, lalu menghaluskan bumbu, dan memasak semua bahannya sesuai dengan Langkah-langkah di atas. Atau jika anda masih merasa kesulitan, anda juga bisa membeli bumbu kemasan opor ayam instan yang saat ini banyak dijual di pasar maupun supermarket.

Jika Anda sudah mengikuti resep dan juga arahan sesuai dengan yang ditulis di atas, dijamin deh pasti resep opor ayamnya anti gagal dan rasanya pun seperti rasa opor yang biasa Anda makan saat lebaran.

News Feed