Sakit Gigi Menyiksa Keseharian Anda

Obat sakit gigi yang mudah ditemukan dan tradisional herbal sangat baik untuk mengatasi sakit gigi Anda. Sakit gigi sering kali disebabkan oleh gigi berlubang. Anak-anak hingga dewasa pasti pernah mengalami penyakit yang mengganggu ini. Rasanya yang menyiksa membuat Anda kesulitan untuk beraktivitas secara normal.

Gigi berlubang disebabkan karena berbagai hal. Mungkin cara menyikat gigi Anda salah. Cara menyikat gigi yang benar sebaiknya dilakukan selama 2 menit. Anda harus benar-benar membasmi kuman yang ada di mulut dan tidak melakukannya dengan asal-asalan.

Jarang menyikat gigi dapat jadi penyebab selanjutnya. Bakteri dan kuman dari sisa-sisa makanan akan berkembang biak dengan cepat serta menyebabkan gigi berlubang ketika Anda malas menggosok gigi. Kegiatan tersebut sebaiknya dilakukan 2 kali sehari.

Banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi sakit gigi. Salah satunya adalah ke dokter gigi serta mengonsumsi obat-obat kimia. Namun, bagi yang anti terhadap obat kimia, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah banget ditemukan. Bahkan beberapa di antaranya berada di dapur rumah Anda, lho. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Obati Sakit Gigi Menggunakan Kantong Teh Celup Hangat

obat sakit gigi

Kantong teh dapat membantu mengilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara. Zat tanin di dalamnya membantu mematikan rasa sakit. Kantong teh juga baik untuk meredakan iritasi dan pembengkakan gusi.

Saat menggunakan kantong teh, pastikan suhunya tidak terlalu panas ketika akan ditempelkan. Yang mana malah akan menyebabkan luka di area lain. Tempatkan pada gusi selama beberapa menit. Dan sebaiknya jangan menyedu teh tersebut menggunakan gula.

Kunyah Daun Mint Agar Sakit Gigi Hilang

Daun mint mungkin merupakan bahan yang jarang ditemukan kecuali di supermarket. Mint sendiri rupanya dapat membantu Anda mengatasi rasa nyeri saat sakit gigi.

Anda dapat mengunyah daun mint segar pada bagian gigi yang sakit. Tapi pada dasarnya, bagi yang tidak kuat mengunyah akan menghaluskannya terlebih dahulu beberapa daun mint, kemudian menempatkannya di area yang terasa nyeri.

Rebusan daun jambu biji

obat sakit gigi

Daun jambu biji memiliki sifat antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Daun ini juga ampuh untuk mengobati sakit gigi karena antiinflamasi, antibakteri serta analgesi yang kuat.

Terdapat dua cara untuk menggunakannya. Yang pertama, kunyah daun jambu biji hingga ekstraknya keluar, lalu gunakan lidah untuk mengoleskan ekstrak tersebut. Cara yang kedua yakni dengan merebus daun jambu biji. Kemudian tambahkan sedikit garam dan jadikan untuk obat kumur.

Minyak Cengkeh Untuk Mengobati Sakit Gigi

obat sakit gigi

Masih belum banyak yang mengetahui, jika minyak cengkeh telah menjadi salah satu obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi. Senyawa eugenol yang berperan sebagai anestesi alami dapat membantu mematikan saraf sementara pada gigi yang sakit.

Dalam menggunakan minyak cengkeh sebaiknya berhati-hati. Jangan sampai menetes pada bagian lain yang sensitif. Anda dapat menuangkan minyak cengkeh pada bola kapas lalu tempelkan pada gigi yang bermasalah hingga rasa sakitnya mereda.

Manfaat Air Lemon Untuk Sakit Gigi

Lemon mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami, yang membuat kadar pH dalam mulut seimbang. Bahkan, lemon merupakan antibakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Anda hanya perlu memeras lemon ke dalam air hangat. Lalu gunakan sebagai obat kumur 3 kali sehari. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Bawang Merah Dan Bawang Putih

2 bersaudara ini mengandung sifat antiseptik serta anti mikrobial yang mampu mengendalikan rasa nyeri, dan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Bawang putih juga akan melepaskan zat allicin, substansi berminyak alami yang mampu melawan penyakit.

Penggunaannya mudah. Anda tinggal mengunyah bawang putih atau bawang merah selama beberapa menit di sisi mulut dengan gigi yang sakit. Atau lebih mudah lagi jika Anda meletakkan irisan bawang mentah langsung pada gigi yang sakit.