Sumber: pinterest.com

Tagihan listrik yang membengkak tentu membuat sebagian ibu rumah tangga kewalahan untuk pemakaian listrik di rumah. Apalagi di setiap  kegiatan rumah tangga memang membutuhkan hampir semua sumber daya listrik.  Kegiatan sehari-hari dirumah juga sangat tergantung dengan penggunaan barang elektronik yang memerlukan sumber daya listrik cukup besar.

Tak heran jika penggunaan barang elektronik sehari-hari seperti AC, TV, dispenser, dan kulkas yang boros membuat tagihan listrik menjadi anjlok. Penggunaan listrik yang boros tentu akan membuat tagihan listrik bulanan menjadi bengkak. Jika memakai peralatan elektronik yang tidak diperhatikan dengan baik maka akan membuat tagihan listrik di rumah jadi semakin membengkak, lho!

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghindari tagihan listrik yang menambah. Nah, dibawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu cermati  untuk mengurangi pemakaian daya listrik yang membengkak di rumah.

  • Matikan barang elektronik saat sedang tidur

Matikan barang elektronik saat sedang tidur

Sumber: pinterest.com

Saat sedang tidur usahakanlah untuk tidak meninggalkan barang elektronik yang masih menyala, contohnya seperti membiarkan TV yang menyala sampai pagi hari padahal tidak ada yang menonton. Hal ini tentunya bisa membuat tagihan listrik di rumah kamu menjadi anjlok.

Maka dari itu, sebelum tidur lebih baik kamu memastikan semua barang elektronik di rumah dalam kondisi tidak menyala dan aman. Cara yang satu ini selain untuk menghemat listrik, tetapi juga bisa menghindari bahaya kebakaran pada rumah kamu saat di malam hari.

  • Hemat pemakaian lampu

Hemat pemakaian lampu

Sumber: pinterest.com

Saat ingin pergi keluar rumah atau meninggalkan ruangan matikan lah lampu yang tidak digunakan, karena lampu yang dibiarkan menyala akan tetap memakan daya listrik secara terus menerus.

Dengan mematikan lampu disiang hari menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghemat listrik. Jika kamu membutuhkan cahaya di siang hari maka kamu bisa memanfaatkan cahaya dari sinar matahari yang alami.

  • Bijak dalam memakai kulkas

Bijak dalam memakai kulkas

Sumber: pinterest.com

Kulkas merupakan salah satu barang elektronik yang membutuhkan pemakaian daya yang cukup besar. Maka dari itu, cara yang satu ini sangat efektif untuk menghemat daya listrik dirumah kamu.

Jika kamu ingin meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama, lebih baik kamu mematikan kulkas saat ditinggalkan. Atau ketika hendak bepergian keluar rumah untuk waktu yang cukup lama kamu bisa menurunkan suhu kulkas ke suhu yang paling kecil.

  • Memakai alat penghisap asap dapur yang sesuai dengan kebutuhan

Memakai alat penghisap asap dapur yang sesuai dengan kebutuhan

Sumber: pinterest.com

Jika dirumah kamu menggunakan alat penghisap asap dapur, maka kamu harus bijak dalam menggunakannya dan juga harus sesuai dengan kebutuhan. Semakin besar kapasitas alat penghisap asap dapur maka semakin besar juga daya listrik yang dibutuhkan.

Pilihlah alat penghisap asap dapur tanpa cerobong yang memiliki watt cukup rendah dan sesuai dengan kebutuhan agar bisa menghindari tagihan listrik yang membengkak.

  • Hemat dalam menggunakan kompor listrik

Hemat dalam menggunakan kompor listrik

Sumber: pinterest.com

Buat kamu yang menggunakan kompor listrik dirumah. Cobalah untuk menghemat pemakaian kompor listrik yang sesuai dengan kebutuhan. Karena kompor listrik membutuhkan banyak sumber daya listrik saat sedang dipakai.

Mungkin kamu juga bisa beralih menggunakan kompor gas yang tidak memerlukan daya listrik untuk kebutuhan memasak di rumah. Dan tentunya bisa menghemat tagihan listrik di rumah, bukan?

  • Gunakan mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan

Gunakan mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan

Sumber: pinterest.com

Hindari penggunaan mesin cuci yang tidak benar-benar dibutuhkan karena mesin cuci memerlukan daya listrik yang cukup besar. Apalagi jika memiliki mesin cuci berkapasitas besar, maka pemakaian listriknya pun akan lebih besar. Menggunakan mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan tentu bisa menghindari tagihan listrik yang membengkak.

  • Cabut kabel saat tidak diperlukan

Cabut kabel saat tidak diperlukan

Sumber: pinterest.com

Pasti di antara kalian ada yang suka meninggalkan charger ponsel pada stop kontak kan? Jika iya, maka kamu harus menghilangkan kebiasaan ini. Karena, walaupun charger ponsel yang sedang terhubung pada stop kontak tidak digunakan, maka arus listrik akan tetap mengalir dari kabel-kabel yang masih tersambung pada stop kontak listrik.

Dan otomatis daya listrik yang mengalir akan terbuang sia-sia, bukan? Tentunya membuat tagihan listrik menjadi membengkak.

Demikianlah pembahasan tentang tujuh cara mudah yang bisa kamu coba untuk mengatasi tagihan listrik yang membengkak. Semoga bermanfaat!. Baca juga Tips Naik Kereta Api Praktis dan Hemat.