by

Penjelasan Puasa Senin Kamis

Bagi kalian yang melakukan puasa tirakat senin kamis pastinya sudah mengetahui dan memahami betul terkait syariat dari puasa tersebut. Puasa merupakan salah satu rukun islam yang ke 4. Puasa senin kamis merupakan salah satu sunah Nabi Muhammad SAW. dengan begitu puasa senin kamis banyak dilakukan oleh semua kalangan umat islam. Hari senin dan kamis merupakan hari yang baik dalam sepekan untuk melaksanakan puasa. Terdapat suatu anjuran untuk melaksanakn puasa senin kamis tersebut dalam hadis yang telah disabdakan Nabi Muhammad SAW. berikut redaksinya :

حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ هُنَيْدَةَ الْخُزَاعِيِّ عَنْ أُمِّهِ قَالَتْ دَخَلْتُ عَلَى أُمِّ سَلَمَةَ فَسَأَلْتُهَا عَنْ الصِّيَامِ فَقَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنِي أَنْ أَصُومَ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلُهَا الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ

“Telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Fudhail, telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin ‘Ubaidullah dari Hunaidah Al Khuza’i, dari ibunya, ia berkata; aku menemui Ummu Salamah, kemudian bertanya kepadanya mengenai puasa. Lalu ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkanku agar berpuasa tiga hari setiap bulan, yang pertama adalah puasa Senin dan Kamis.” (HR. Sunan Abu Dawud No. 2096)

Dari hadis diatas, dapat diambil hikmahnya bahwa puasa senin kamis merupakan salah salah satu puasa sunnah yang dianjurkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. dengan secara qauli. Kalian bisa cari tahu terkait sunah-sunah Nabi Muhammad lainnya dengan Aplikasi Ceramah Islam.

Sebenarnya, manfaat apa yang terkandung dalam puasa senin kamis? Karena pada dasarnya puasa adalah untuk menahan hawa nafsu, tanpa makan dan minum dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Untuk itu, kami akan membahas manfaat yang di rasakan pada saat melakukan puasa sunah senin kamis.

Manfaat Puasa Senin Kamis

  1. Hari di angkatnya amal

Pada hari dan kamis dianjurkan untuk berpuasa, karena pada hari itu merupakan hari dimana semua amal yang dilakukan manusia selama satu minggu dilaporkan kepada Allah swt. seperti pada hadis berikut.

  1. Hari senin merupakan hari kelahiran Nabi

Pada hari senin ini dianjurkan untuk berpuasa, karena pada hari senin merupakan hari yang mulia dimana Nabi dilahirkan kedunia.

  1. Terbukannya pintu surga

Hari yang paling dahsyat ada di hari senin dan kamis. Karena pada saat itu pintu surga dibuka pada hari senin dan kamis.

  1. Melatih kesabaran diri

Berpuasa merupakan salah satu cara yang paling ampuh dalam melatih kesabaran dan dapat meredam hawa nafsu yang bergejolak. Puasa juga dapat berpengaruh agar dapat meningkatkan kualitas ibadah dan ketakwaan kepada Allah.

  1. Melatih disiplin

Bagi orang terbiasa melakukan puasa, mereka akan terbentuk dengan sendirinya sifat disiplin pada diri dalam segala hal, karena merasakan bahwa Allah selalu mengawasinya. Dari segala hal yang membuat dan menimbulkan dosa yang akan membatalkan puasanya.

  1. Menjauhkan diri dari godaan syaitan

Melakukan ibadah puasa meminimalisir dari godaan atau pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia yang bertujuan untuk mengingkari dari apa yang telah diperintahkan Allah.

  1. Dapat melembutkan hati dan bertambahnya rasa syukur

Rasa simpati kepada orang lain akan muncul, ketika kita melakukan puasa.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Sains telah membuktikan bahwa dahsyat dan ampuhnya puasa bagi kesehatan tubuh. Salah satunya untuk menghilangkan racun, dan dapat memperbaikin sistem pencernaan pada tubuh. Aplikasi Ceramah Islam.

News Feed