by

Panduan Convert Pulsa Elektronik Daya

Helikopter step up memiliki tegangan input 150V. Output tegangan yang dibutuhkan adalah 450V. Diketahui, bahwa thyristor memiliki waktu penghantaran 150μseconds. Hitung frekuensi memotong.

Pengontrol convert pulsa AC satu fase (pengontrol tegangan) digunakan untuk memvariasikan nilai tegangan bolak-balik setelah diterapkan pada sirkuit beban. Sebuah thyristor juga ditempatkan di antara beban dan sumber tegangan AC yang konstan. dan teman teman bisa lihat disini tentang tukar pulsa.

Tegangan akar rata-rata kuadrat akar diatur dengan mengubah sudut pemicu thyristor. Dalam hal kontrol fase, thyristor digunakan sebagai sakelar untuk membangun koneksi dari pasokan input AC ke sirkuit beban selama setiap siklus input. Untuk setiap tegangan input positif, pemotongan terjadi dan tegangan berkurang.

Diagram Sirkuit dengan Beban Resistif

Selama setengah bagian dari siklus, saklar thyristor dihidupkan untuk memungkinkan input tegangan muncul di seluruh beban. Ini diikuti oleh keadaan mati selama setengah siklus terakhir untuk memutuskan beban dari tegangan sumber.

Ketika sudut pemicu α dikontrol, nilai RMS dari tegangan pada beban juga dikontrol. Sudut pemicu α karenanya, didefinisikan sebagai nilai ωt di mana thyristor diaktifkan ON.

Kontrol Urutan Multistage dari Konverter AC

Ketika dua atau lebih tahapan kontrol urutan terhubung, dimungkinkan untuk memiliki peningkatan faktor daya dan pengurangan lebih lanjut dalam THD (total harmonic distortion). Konverter kontrol urutan n-tahap memiliki lilitan di bagian sekunder transformator dengan masing-masing nilai e s atau n (tegangan sumber).

Bagaimana Panduan Convert Pulsa Elektronik Daya?

Ketika dua konverter AC ditempatkan sejajar satu sama lain, cara urutan nol dibuat. Sedikit perbedaan antara kedua konverter menyebabkan urutan nol besar dalam arus sirkulasi. Diagram di bawah ini menunjukkan sistem paralel konverter. Arah arus berlawanan dengan arah jarum jam sehubungan dengan sistem tegangan.

Konverter Matriks Elektronik Daya

Singkatan TRIAC adalah singkatan dari Triode for Alternating Current. TRIAC adalah perangkat semikonduktor dengan tiga terminal yang mengontrol aliran arus, demikian nama Triac. Tidak seperti SCR, TRIAC adalah dua arah sedangkan SCR adalah dua arah.

Ini sangat ideal untuk pengoperasian yang menggunakan daya AC untuk keperluan switching karena dapat mengontrol aliran arus untuk kedua bagian dalam siklus arus bolak-balik. Ini dijelaskan dengan jelas dalam diagram di bawah ini.

Simbol TRIAC

Diagram sirkuit untuk TRIAC ditunjukkan di bawah ini. Itu menyerupai dua thyristor yang ditempatkan saling membelakangi.

Struktur TRIAC

Struktur TRIAC dianggap sebagai DIAC yang memiliki kontak gerbang tambahan yang digabungkan untuk memastikan kontrol perangkat. Mirip dengan perangkat daya lain, TRIAC dibuat dari silikon. Akibatnya, proses pembuatan silikon mengarah pada produksi perangkat yang lebih murah. Sebagaimana ditunjukkan di bawah, TRIAC memiliki enam bidang yaitu empat daerah tipe N dan dua daerah tipe P.

Operasi TRIAC

Pengoperasian TRIAC didasarkan pada thyristor. Ini memfasilitasi fungsi switching dalam komponen dan sistem listrik AC. Mereka banyak digunakan dalam dimmer cahaya karena mereka memungkinkan kedua bagian dari siklus AC untuk digunakan. Hasilnya, ini membuat mereka lebih efisien dalam penggunaan daya.

Sebisa mungkin menggunakan thyristor berfungsi sebagai TRIAC, tidak efisien biaya untuk operasi yang membutuhkan daya rendah. Dimungkinkan untuk melihat TRIAC dalam hal dua thyristor. TRIAC biasanya digunakan dalam aplikasi yang tidak memerlukan daya sangat tinggi.

Karena mereka menunjukkan peralihan non-simetris dalam operasi convert pulsa. Ini tidak menguntungkan untuk aplikasi yang menggunakan daya tinggi karena menyebabkan interferensi elektromagnetik. Sebagai hasilnya, TRIACs digunakan dalam kontrol motor, dimmer lampu perumahan ringan dan kipas listrik kecil untuk mengontrol kecepatan.

News Feed