by

Mengenal Tanaman Buah Jeruk Limo

Jeruk limao merupakan tanaman buah jeruk yang rajin dan mudah berbuah, tanaman ini adaptip dan mudah tumbuh di hampir semua wilayah di Indonesia, tetapi daerah yang paling cocok untuk menanam tanaman jeruk ini adalah di dataran tinggi. jeruk limao termasuk tanaman yang tidak tumbuh tinggi, kecuali tanaman ini sudah berumur puluhan tahun dan ditanam di tanah langsung. Tetapi, saat ini banyak yang menanam jeruk limao di dalam pot (tabulampot).

Kandungan Gizi Jeruk Limau

Buah jeruk limao ini mempunyai kandungan gizi yang sangat banyak. Selain memiliki kandungan vitamin C yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, buah jeruk ini juga merupakan salah satu buah jeruk sebagai anti oksidan alami yang dapat menghindari tubuh Kamu dari berbagai penyakit.

Buah ini sangat baik untuk menghilangkan residu dalam tubuh yang disebabkan oleh racun-racun rokok yang masuk ke dalam sistem tubuh manusia. Jadi disarankan agar perokok aktif meminum jus jeruk buah limau setiap selesai merokok.

Kandungan Yang Terdapat Pada Jeruk Limau

Buah jeruk limao mempunyai begitu banyak kandungan nutrisi penting di dalamnya di mana di antaranya yaitu, karbohidrat, protein, serat, kalori dan air sari. Buah jeruk ini juga mempunyai kandungan sodium sebanyak 1 mg dalam 31 gram air sari buah jeruk limau.

Dengan ini nutrisi yang ada pada atas, buah jeruk ini juga mempunyai kandungan berbagai macam jenis vitaman penting contohnya, vitamin A, vitamin C, Kolin, vitamin dan vitamin. Buah ini juga mempunyai kandungan elektrolit yang sangat penting bagi tubuh manusia yakni potassium. Buah ini juga mempunyai kandungan mineral yang sangat penting bagi tubuh seperti folat, kalsium, betain, magnesium dan fosfor.

Khasiat & Manfaat Jeruk Limau

Walaupun ukuran buahnya yang kecil, jeruk limao mempunyai banyak sekali khasiat dan manfat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jeruk limau:

Mengobati Sakit Batuk

Jeruk limau juga bisa menjadi obat batuk, dengan cara dicampurkan antara jeruk nipis atau juga jeruk lima dan dicampur dengan kecap adalah salah satu obat tradisional yang sangat ampuh untuk radang tenggorokan yang alami dan penyakit batuk.

Melegakan Tenggorokan

Salah satu efek dari penyakit batuk yang melkamu adalah tenggorokan yang terasa tercekat dan sesak. Dengan mengkonsumsi jeruk limau, maka situasi ini dapat hilang, dan tenggorokan akan kembali lega.

Sebagai Bahan dan Bumbu Masakan

Manfaat jeruk limao yang sering banyak di gunakan adalah sebagai bahan dan juga bumbu masakan. Yang paling sering adalah jeruk limau berguna untuk pembuatan sambal, sehingga jeruk ini juga terkenal dengan istilah jeruk sambal.

Mencerahkan Wajah

Jeruk limau juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah, karena jeruk ini mempunyai kandungan anti bakteri dan juga anti kuman yang tinggi, namun harus berhati-hati cara menggunakanya, jangan sampai air jeruk tersebut mengenai mata karena dapat menyebabkan mata perih.

Untuk Membersihkan Lemak pada Peralatan Dapur

Jeruk limao merupakan salah satu solusi yang cukup jitu untuk membersihkan peralatan dapur dari noda lemak yang membandel. Jika peralatan dapur kotor dan penuh noda bekas lemak, kini tidak perlu lagi merasa khawatir. Buktinya, hampir semua produk pencuci perabotan dapur dan alat masak mempunyai kandungan jeruk limau di dalamnya.

Itulah informasi tentang Mengenal Tanaman Buah Jeruk Limo dan kamu juga bisa lihat tentang bibit buah terbaik tahun 2020. Semoga bermanfaat buat semuanya.

News Feed