by

Mengenal Jenis dan Bahan Sweater yang Sering Digunakan

Saat-saat seperti ini tentu saja menjadi tidak menentu terkadang hujan atau udara dingin tiba-tiba datang, tentu saja akan lebih baik jika anda membawa pakaian tebal dan hanta untuk melindungi tubuh. Berbicara tentang pakaian tebal ternyata ada banyak jenis pakaian tebal seperti jaket, hoodie, bomber, knitwear, parka, serta sweater. Dari sekian banyak jenis pakaian tebal di atas tentu saja sweater menjadi salah satu yang paling banya diminati.

Sweater sendiri memang berasal dari luar negeri karena awalnya diperkenalkan di dataran Eropa dan menyebar ke seluruh dunia.  Tak terkecuali di Indonesia yang juga ternyata pasar lokal memproduksi sweater dengan kualitas yang tinggi misalnya saja konveksi bandung yang terkenal sebagai sentra industri berbagai jenis pakaian. Sweater sendiri bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan, dan kali ini kita lebih jauh mengenal jenis dan bahan sweater yang sering digunakan :

  • Bahan baby terry : bahan memiliki karakteristik yang cukup tebal, namun tidak berbulu serta sangat lembut. Bahan pembuata baby terry sendiri merupakan campuran antara katun, CVC serta polyester dalam persentasi tertentu. Rekomendasi bahan baby terry yang baik yaitu combed baby terry karenatektur kainnya lembut, halus serta mudah menyerap keringat. Walaupun cukup tebal namun tetap nyaman tidak digunakan, tidak kaku sehingga cocok digunakan untuk siang ataupun malam hari.
  • Bahan fleece : berbeda dengan bahan baby terry, bahan fleece ini memiliki struktur permukaan kain dengan bulu-buu tebal namun sangat halus. Di bagian yang lain memiliki jalinan pintalan benang single knit. Kain fleece ini jauh lebih tebal dan terasa lebih hangat untuk digunakan. Bahan fleece sendiri ada beberapa jenis mulai dari fleece cotoon, combed fleece, CVC fleece serta fleece polyester. Dari sekian banyak jensi tersebut, jenis combed fleece lah yang paling unggul.
  • Bahan wool : bahan wool sendiri terutama wool yang terbuat dari pintalan bulu hewan memiliki karakteristik yang cukup berat dan pastinya tebal. Namun bahan ini sanat cocok untuk digunakan pada cuaca yang sangat dingin. Bahan wool sendiir merupakan cikal bakal sweater karena sweater dibuat pertama kali menggunakan bahan wool.

Sedangkan untuk jenis sweater sendiri dibedakan atas dasar bentuk kerahnya saja dengan penambahan ornamen lain seperti kancing, zipper, tali, pita dan lain sebagainya yang akan menambah nilai seni pada sebuah sweater ketika digunakan.

  • O neck : kerah bulat
  • V neck : kerah V
  • Turtle neck : kerah tinggi

Demikianlah informasi seputar jenis serta bahan pembuatan sweater yang biasanya digunakan. Yang jelas selalu pilih bahan pakaian yang berkualitas tinggi agar lebih awet dan tentunya nyaman saat digunakan.

News Feed