by

Mengenal Bleaching Gigi Yang Merupakan Salah Satu Fasilitas Kesehatan di SehatQ

Bleaching gigi merupakan salah satu tindakan medis yang orientasinya untuk pemutihan dan pencerahan gigi. Kegiatan ini dinilai ampuh untuk membuat warna gigi yang memiliki banyak noda berubah menjadi bersih kembali tanpa adanya pengangkatan lapisan permukaan gigi atau disebut enamel.

Kegiatan bleaching ini umumnya dilakukan dengan dua sistem yaitu langsung oleh dokter gigi dan secara mandiri di rumah. Kegiatan bleaching menggunakan bahan dasar yakni peroksida. Kegiatan ini tidak boleh sembarangan dilakukan karena harus diskusi terlebih dahulu dengan dokter.

Fungsi Bleaching Gigi

Melakukan bleaching gigi ini tentu harus melewati beberapa prosedur terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan perubahan warna gigi. Seperti misalnya faktor makanan, minuman hingga merokok. Minum teh, kopi dan juga anggur merah serta makan makanan yang menggunakan zat pewarna bisa memunculkan noda dan perubahan pada warna gigi. Hal ini tentu saja bisa terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Sementara itu ada beberapa hal yang membuat perubahan pada warna gigi yaitu obat-obatan, infeksi, cedera pada gigi, penuaan hingga penyakit tertentu. Nah kegiatan bleaching bisa membantu perubahan warna gigi menjadi lebih cerah.

Melakukan bleaching ternyata tidak boleh terlalu sering karena akan membuat gigi sensitif. Anda maksimal hanya boleh melakukan satu kali bleaching dalam setahun dan harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum bleaching untuk mengetahui kondisi gigi.

Prosedur Bleaching Gigi

Prosedur dalam melakukan bleaching gigi ini berbeda-beda tergantung metode yang dipilih. Jadi ketika anda melakukan bleaching di dokter atau mandiri dengan arahan dokter akan berbeda prosedurnya seperti berikut ini.

  • Di dokter, melakukan pemutihan gigi di dokter gigi pertama sekali harus memeriksakan kondisi terlebih dahulu. Setelah itu dilanjutkan dengan pembersihan karang gigi agar permukaan gigi tidak tertutup oleh karang sehingga bleaching lebih mudah dilakukan.

Kemudian dokter akan menentukan apakah waktu bleaching dilakukan pada hari yang sama atau pada kunjungan berikutnya. Kemudian dokter akan memasang sebuah pembatas antara gigi dan gusi sebelum mengoleskan bahan pemutih ke gigi.

Setelah pengolesan bahan berupa carbamide peroxide, gigi akan disinari dengan cahaya khusus untuk proses pemutihan lebih cepat. Waktu pencahayaan berbeda-beda tergantung merk bahan pemutih tapi umumnya 30 menit.

Setelah proses penyinaran yang pertama, jika Anda belum puas dengan hasil bleaching bisa melakukannya hingga anda merasa bahwa gigi sudah benar-benar cerah. Pengulangan yang terlalu banyak akan membuat gigi sensitif.

  • Di rumah, meski melakukannya secara mandiri di rumah namun bleaching metode satu ini harus anjuran dokter. Pertama sekali yaitu dokter akan memberikan cetakan gigi khusus yang sesuai dengan susunan gigi pasien.

Kemudian Anda bisa mengoleskan bahan pemutih gigi ke cetakan tersebut dan dipakai selama 30 menit. Meski melakukan bleaching gigi di rumah, Anda harus tetap melakukan konsultasi untuk memantau perkembangan dan hasil dari bleaching.

Kini tentu anda sudah tahu apa itu bleaching gigi, fungsinya dan bagaimana prosedurnya. Yang mana, ketika akan melakukan pemutihan gigi anda tidak boleh lupa untuk konsultasi terlebih dahulu.

Bagi Anda yang ingin melakukan pemutihan gigi di dokter, SehatQ membantu carikan fasilitas kesehatan terdekat seperti misalnya klinik gigi atau praktek dokter gigi yang menyediakan tindakan medis pencerahan gigi.

Jadi anda tidak perlu repot mengunjungi klinik gigi ataupun praktek dokter gigi, hanya untuk mencari tempat terbaik untuk mencerahkan gigi. Karena SehatQ akan merekomendasikan tempat terbaik dan sekaligus Anda bisa melakukan booking online lewat SehatQ.

News Feed