by

Mengenal Apa Saja Jenis Asuransi Kesehatan Lengkap

Ada kata bijak yang mengatakan membeli tanpa harus meneliti seperti berjudi membeli kucing dalam karung. Sehingga apabila membeli dengan asal tanpa mengenal dan mencari tahu terlebih dahulu keuntungan dan kekurangan dari produk yang akan dibeli maka tidak bisa untuk mendapatkan produk yang menguntungkan. Padahal tentunya ketika membeli produk semua orang ingin keuntungan, termasuk juga ketika membeli asuransi kesehatan. Oleh karena itulah sebelum membeli asuransi tersebut akan lebih baik mengenal apa saja jenis yang bisa tersedia sehingga bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Adapun beberapa jenis yang bisa dipertimbangkan adalah:

Jenis perawatan

Jenis pertama yang bisa diperhatikan dan dipilih sesuai dengan kebutuhan adalah jenis perawatan yang dipunyai. Tersedia dua jenis perawatan yang tersedia yaitu asuransi rawat inap dan juga asuransi rawat jalan. Untuk asuransi rawat inap seperti namanya adalah bisa memberikan perlindungan ketika menginap di rumah sakit dan membutuhkan opname. Sedangkan untuk asuransi rawat jalan akan memberikan perlindungan untuk biaya perawatan tanpa harus opname di rumah sakit. Jenis perawatan rawat jalan tersebut bisa dimanfaatkan untuk pengaman, diagnosa, rehabilitasi, obat, dan juga lainnya tanpa harus menginap di rumah sakit. Sehingga ketika memilih asuransi bisa dengan memperhatikan jenis perawatan yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis keikutsertaan

Hal selanjutnya yang bisa diperhatikan ketika akan memilih asuransi kesehatan adalah dari keikut-sertaannya. Ada asuransi wajib yang seperti namanya adalah asuransi perlindungan yang harus mengikutinya. Sehingga sifatnya wajib untuk dimiliki karena merupakan peraturan yang ada di dalam perusahaan misalnya untuk menggunakan dan memiliki jenis asuransi tertentu. Selai itu keikutsertaan yang kedua adalah yang sifatnya sukarela atau bisa dimiliki secara bebas dan tidak ada paksaan untuk memilikinya. Jenis ini merupakan produk asuransi yang dimiliki karena kebutuhan dan keinginan dari seseorang tanpa paksaan atau kewajiban dari perusahaan atau kelompok yang diikuti.

Jenis biaya yang ditanggung

Ketika akan membeli asuransi perlindungan kesehatan juga perlu memperhatikan dan harus mengetahui mengenai jenis biaya yang ditanggung. Ada jenis asuransi yang memberikan tanggungan total untuk biaya yang ditanggungnya. Jenis tersebut akan memberikan biaya perawatan untuk seluruh biaya yang dibutuhkan ketika membutuhkan perawatan di rumah sakit. Sehingga bisa memberikan biaya untuk jenis perawatan baik yang membutuhkan nilai kecil hingga besar. Sedangkan untuk jenis kedua adalah yang memberikan tanggungan tinggi saja, sehingga biaya yang ditanggung hanya yang tergolong besar dan tidak memberikan biaya perawatan untuk biaya perawatan dengan biaya kecil.

Jenis pihak yang ditanggung

Jenis terakhir adalah dari pihak yang ditanggung oleh asuransi yang akan dipilih. Asuransi personal merupakan jenis yang memberikan perlindungan pada satu orang saja atau yang memberikan perlindungan pada individu. Sehingga untuk yang mendapatkan manfaatnya hanya satu orang saja yang sudah tercantum di dalam polis. Sedangkan untuk pihak selanjutnya adalah yang menanggung kelompok bisa anggota keluarga atau perusahaan. Jenis ini akan memberikan perlindungan bagi banyak orang yang sudah tercantum ke dalam polis asuransi. Sebelum membeli asuransi kesehatan pastikan untuk memilih jenisnya yang sesuai dengan kebutuhan yang dipunyai terlebih dahulu. Seperti bagi yang membutuhkan asuransi perlindungan untuk rawat inap bisa memilih produk Asuransi kesehatan Flexi Life dari I Love Life. Produk ini memberikan perlindungan rawat inap yang melindungi satu orang saja dengan keunggulan double claim dan santunan hingga 1 juta per harinya.