by

Memahami Jenis Sistem Pembayaran di Indonesia yang Populer

Adanya perkembangan teknologi yang semakin maju, banyak pelaku bisnis mengubah cara dan pola pembayaran. Lantas seperti apa sih jenis sistem pembayaran di Indonesia?

Dengan adanya sistem pembayaran yang memudahkan, membuat sejumlah perusahaan menjadi sangat terbantu dalam memberikan fee. Tentunya sistem tersebut memiliki prinsip yang membuat kedua belah pihak  merasa nyaman dalam bertransaksi antara konsumen/karyawan dan atasan/pebisnis.

Pembayaran Online

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sistem pembayaran terdapat dua jenis online (non tunai) dan offline (tunai). Cara transaksi via online sedang diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Penyebabnya adalah sangat praktis dan membutuhkan waktu yang singkat. Cukup dengan mentransfer, maka sejumlah nominal uang berada pada rekening Anda dan e wallet.

Jenis Sistem pembayaran di Indonesia, yang merupakan non tunai apa sajakah itu?

1.Transaksi Via Bank

Sistem pembayaran yang pertama adalah transaksi via Bank. Biasanya transaksi jenis ini, menggunakan mobile banking, internet banking, atau ATM. Model pembayaran ini, sering digunakan oleh banyak perusahaan. Caranya yang sangat praktis, membuatnya populer dikalangan perusahaan dan bisnis via online.

2.  Transaksi Via  Kartu kredit

Model pembayaran selanjutnya adalah menggunakan kartu kredit. Kebanyakan dari para pelaku bisnis menggunakannya. Keuntungan dari sistem pembayaran ini, yaitu dapat digunakan belanja. Jenis sistem pembayaran di Indonesia yang memiliki program transaksi di akhir, yang sangat memudahkan pengguna.

Selain itu, Anda pun dapat menggunakannya baik didalam maupun diluar negeri. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang sangat berminat dengan sistem pembayaran ini.

3.  Transaksi Via Kartu Debit

Merupakan Pembayaran yang sangat populer di industri keuangan semenjak berdirinya perbankan, yaitu kartu debit atau biasa disebut dengan ATM.
Akan tetapi jenis sistem pembayaran di Indonesia ini,  memiliki penggunaan yang terbatas. Biasanya para pengguna memilih transaksi menggunakan ATM untuk nontunai.

4. Transaksi Via Paypal

Memiliki kesamaan dengan kartu kredit, sistem e digital saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia karena sistemnya yang sangat mudah. Banyak para pelaku usaha online sering menggunakan untuk melakukan transaksi di luar negeri.

Bahkan banyak pula para freelancer yang menerima fee, menggunakan jenis pembayaran ini, sebagai contoh penulis novel yang menjadi member platform luar negeri, biasanya akan mendapatkan fee yang perantara transaksi melalui  e digital, yaitu Paypal.

5. Transaksi Kredit Tanpa Kartu

Jenis Sistem pembayaran di Indonesia berikutnya adalah kartu kredit yang dapat menjadi pilihan bagi pelaku usaha online. Dewasa ini, pelayanan  kredit tanpa kartu telah semakin berkembang luas.

Cukup dengan menggunakan kode OTP serta pin kredit, maka Anda sudah memiliki akun layanan.  Dengan demikian, para pelaku usaha dapat bertransaksi online dengan  sangat mudah.

6. Transaksi Menggunakan RekBer

Salah satu transaksi yang memiliki keuntungan di kedua belah pihak, yaitu antara penjual dan pembeli. Dengan demikian, tidak perlu takut mengalami kerugian.

Jenis Sistem pembayaran di Indonesia, muncul adanya marketplace online yang berkembang dengan sangat pesat. Sistem ini sering pula  diterapkan  pada situs freelancer.

Rekber memiliki sebuah program yang melibatkan pihak ketiga. Dimana transaksi akan masuk ke dalam rekening penjual apabila sang customer telah mengkonfirmasi bahwa barang yang dibeli telah sampai tujuan.

7. Transaksi Menggunakan Dompet Digital

Tentunya Anda sangat familiar dengan dompet digital bukan? Dimana hampir semua transaksi online  menggunakan fasilitas dompet digital.

Programnya yang sangat mudah menjadikan  masyarakat Indonesia mengenal sistem dompet digital. Namun, sayangnya  jenis sistem pembayaran di Indonesia via Dompet digital masih terbatas.

Hanya merchant tertentu yang melakukan kerjasama dengan pelayanan dompet digital.walaupun demikian, banyak yang mulai bergantung pada aplikasi ini.

Karena aplikasi dompet digital sangatlah memudahkan pengguna cukup download aplikasi dan sertakan KTP untuk memiliki fitur transfer.