by

Jasa Content Placement VS PBN, Mana yang Terbaik?

-Bisnis-131 views

Backlink rupanya selalu menjadi faktor penting dalam optimasi website atau SEO. Meskipun algoritma Google sudah banyak mengalami perubahan, namun backlink ini tetap menjadi unsur penting keberhasilannya. Tak heran, banyak praktisi yang memikirkan bagaimana cara terbaik mendapatkan backlink ini. Ada yang susah payah sampai mengeluarkan banyak modal dengan membuat Private Blog Network (PBN) ada yang mengandalkan jasa content placement untuk trik guest post.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekuarangannya masing-masing. Namun, jika Anda sedang bingung untuk menentukan langkah apa yang akan ditempuh, ulasan berikut bisa dijadikan pertimbangan.

Private Blog Network (PBN)

Antara PBN dengan jasa content placement tentu punya pengertian yang sangat berbeda jauh. Namun keduanya punya peranan sangat penting untuk proses SEO. PBN ini merupakan sebuah jaringan atau kumpulan blog yang dimiliki oleh seseorang seperti jasa content placement. Nantinya, kumpulan blog ini akan digunakan untuk membantu proses optimasi website di search engine.

PBN akan menggunakan domain-domain yang memiliki tingkat metrik cukup tinggi atau berkualitas. Dengan begitu, Ia mampu memberikan manfaat atau pengaruh sangat besar bagi suatu website di mata Google. Jenis PBN pun cukup beragam, bisa berupa forum, blog atau CMS lainnya. Tidak perlu blog-blog dengan  ekstensi domain populer, blog gratisan pun bisa menjadi PBN.

Dalam mendapatkan backlink, PBN ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Namun, kualitas backlink yang didapatkan pun tergantung dari kualitas PBN itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, membuat PBN ini tidak mudah. Banyak syarat-syarat yang harus Anda lakukan untuk menghasilkan PBN yang berkualitas. Bukan hanya syarat, Anda juga harus berani merogoh kocek yang lebih besar dibandingkan dengan jasa content placement.

Bisa dikatakan ketika Anda membuat 1 blog untuk PBN berkualitas, biaya yang harus dikeluarkan sekitar minimal 700 ribu. Untuk membuat jaringannya, diperlukan blog sekitar 20-40 PBN. Jika dikalikan, maka Anda bisa menghabiskan budgeting kisaran 30 jutaan. Dan itu pun tidak serta-merta membuat Anda berhasil dalam melakukan optimasi situs. Namun, PBN ini dianggap lebih terpercaya karena itu milik Anda sendiri. Pun jika nantinya sekaligus ingin dijadikan bisnis, tidak masalah membuat PBN.

Jasa Content Placement

Sebelumnya, sudah dibahas bagaimana Private Blog Network. Lantas, bagaimana dengan penggunaan jasa content placement? Dari segi kegunaan, content placement dan PBN tidak jauh berbeda, sama-sama untuk mendapatkan backlink dalam proses SEO. Bedanya, di PBN Anda sendri yang melakukan semuanya, sementara penempatan konten maka pihak jasa content placement yang bertanggung jawab.

Dari segi kualitas, memang kita tidak bisa mengetahuinya secara jelas. Kegagalan atau  keberhasilannya pun tidak bisa diketahui dengan pasti. Namun, content placement ini bisa dijadikan solusi terbaik bagi Anda untuk mengoptimasi website yang dimiliki. Ada beberapa perbedaan yang mendasari antara content placement dengan PBN, beberapanya seperti berikut:

  1. Untuk mendapatkan backlink berkualitas, perlu waktu yang lama dan biaya yang besar jika menggunakan PBN. Namun, ketika Anda membutuhkan hal tersebut dengan cepat dan budget yang tidak terlalu besar, maka jasa content placement bisa jadi pilihan.
  2. Proses mendapatkan backlink tidak bisa langsung didapatkan sebelum Anda memiliki jaringan blog (PBN). Namun, Anda bisa mendapatkannya secara langsung jika menggunakan jasa penempatan konten.
  3. Dari segi kualitas, PBN memang lebih terjamin karena Anda sendiri yang tahu bagaimana kualitas backlink-nya. Meskipun demikian, ketika Anda memilih jasa yang tepat, bukan tidak mungkin untuk mendapatkan layanan yang berkualitas juga.

Pada dasarnya, menggunakan PBN atau jasa content placement untuk SEO itu dikembalikan lagi pada Anda. Namun, khusus Anda yang memang murni sebagai bentuk promosi, meningkatkan brand awareness bisnis pribadi dan ingin yang mudah serta cepat, tidak ada salahnya untuk memilih jasa penempatan konten disini https://www.seoagency.co.id.

News Feed