by

Inilah Keutamaan yang Bisa Diraih Seorang Muslim Jika Bertaubat

Umat Muslim yang menyimpan iman dalam hati mereka, pastinya pernah mohon ampun atas dosa atau perbuatan buruk yang mereka perbuat kepada Allah, tapi terkadang bisa saja kita kembali kembali kepada perbuatan dosa tersebut bahkan yang persis sama. Jika sudah seperti itu, biasanya terbersit rasa ingin kembali bertaubat lalu mulai niat sholat taubat, jika malu bertaubat, maka adalah hal keliru, sebab semua umat Islam diperintahkan untuk menghindari putus asa akan ampunan dan rahmat Allah SWT.

Inilah beberapa keutamaan yang bisa kamu dapatkan saat sungguh-sungguh ingin bertaubat dengan tekad tinggi supaya tidak mengulangi kembali perbuatan dosamu.

Menurunkan barokah

Saat kekeringan diri melanda, maka umat muslim perlu memperbanyak insaf dan taubat dari segala macam dosa yang pernah dibuat dalam hidup. Sebab dari dosa-dosa itu yang dapat menutupi datangnya barokah/ keberkahan. Hal ini dijelaskan pada Q.S Hud:52 yang bermakna seperti ini:

“Wahai kaumku, minta ampunlah kepada Tuhan kalian kemudian bertaubat kepada-Nya niscaya akan dikirimkan kepada kalian awan dengan air hujan lebat dan akan diberikan kekuatan tambahan untuk kalian, dan janganlah kalian berpaling menjadi orang yang berbuat dosa.”

Mendatangkan doa-doa baik dari malaikat

Ada kemuliaan yang akan diterima para Muslim yang bertaubat yaitu didoakan malaikat. Maka dari itulah mengapa Allah SWT mencintai hambanya yang kembali menuju jalan lurus. Surah Al-Ghafir:7 menjelaskan mengenai doa-doa malaikat, ini artinya:

“Para Malaikat yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang ada di sekelilingnya, bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohon ampunan untuk orang-orang beriman (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatunya, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka yang menyala-nyala.”

Taubat merupakan jalan meraih cinta Allah

Tidak ada orang yang paling beruntung selain mereka umat Muslim yang dicintai Penciptanya. Dari Dialah kita bisa menjalani kehidupan dan kepada-Nya akan kembali. Taubat dari dosa merupakan jalan yang bisa mendatangkan kecintaan Sang Rabb Allah SWT, hal ini dijelaskan pada firman Allah SWT di Q.S Al-Baqarah:222 dengan arti seperti berikut.

“Sesungguhnya Allah cinta orang-orang yang bertaubat, dan cinta orang-orang yang suka berserah diri”.

Taubat adalah jalan keberuntungan bagi seorang muslim

Sungguh rugi jika kita menghimpun dosa dengan waktu kehidupan di dunia yang singkat, pertanggung jawaban nanti di akhirat sungguh amat berat. Taubat dari segala kesalahan agar bisa benar-benar menuju jalan yang lurus merupakan langkah umat muslim yang tergolong beruntung.

Kamu mungkin merasa kalau dalam hidup sangat jauh dari keberuntungan, memiliki banyak beban dosa dan jarang bertaubat mungkin merupakan sumber dari masalah tersebut.

Taubat merupakan jalan penghapusan segala dosa

Selagi nyawa masih ada, Allah SWT terus membuka pintu bertaubat seluas-luasnya untuk setiap umat. Tidak peduli dari seberapa banyaknya dosa atau kesalahan hamba-Nya. Allah SWT menerima taubat hamba-hamba-Nya, Allah Maha Mengampuni kesalahan-kesalahan yang dilakukan umat manusia.

Sebab digantinya keburukan dengan kebaikan

Ada keberuntungan besar yang diterima mereka orang yang bertaubat yaitu keinginan mengubah keburukan mereka dengan berbagai amal-amal saleh untuk kehidupan lebih baik. Allah berfirman dalam Al Furqan:68 – 70, ini artinya:

“.. Kecuali orang-orang yang bertaubat di antara mereka, beriman dan beramal saleh, mereka itulah orang-orang yang masuk ke surga dan tidaklah mereka dianiaya sedikit pun.”