by

Inilah 5 Manfaat Aplikasi Kasir bagi Restoran

Perkembangan teknologi saat ini mendorong kita sebagai pelaku usaha restoran untuk bisa lebih memanfaatkan teknologi tersebut salah satunya dengan menggunakan aplikasi kasir atau yang sering disebut dengan POS (Point Of Sale).

Dalam menjalankan suatu bisnis, kasir merupakan salah satu pos penting yang perlu dimiliki. Begitu pula ketika menjalankan bisnis restoran. Kasir merupakan tempat untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. Jika mencatat pemasukan dan pengeluaran dilakukan secara manual, maka tentunya membutuhkan waktu yang lebih banyak dan cenderung merepotkan.

Karena itu, bagi pemilik rumah makan menggunakan aplikasi kasir merupakan salah satu bentuk fasilitas yang dibutuhkan guna memberikan efisiensi dalam bisnis tersebut. Dengan menggunakan  sistem Point of Sale yang mudah digunakan, selain mempercepat proses transaksi agar pelanggan tak perlu mengantre, restoran Anda dapat dengan mudah mengumpulkan dan melacak preferensi pelanggan dan sejarah pembeliannya. Apalagi, Anda dapat melihat semua laporan ini secara real time.

Berikut  5 manfaat aplikasi kasir restoran untuk bisnis restoran yang perlu Anda ketahui.

1.  Proses Order Lebih Cepat dan Mudah

Pelayanan dalam bisnis restoran merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Banyak pelanggan yang  enggan menunggu terlalu lama. Dengan menggunakan Aplikasi POS yang terintegrasi, akan memudahkan pelayan untuk lebih cepat dalam memesan menu. Saat pelayan menanyakan menu apa yang akan dipesan pada saat itu juga pesanan sudah masuk dan segera diproses. Dengan begitu setiap order menu yang masuk dapat langsung tercatat siapa, jam berapa, dan menu apa yang dipesan.

2.  Mudah Dalam Pembayaran

Dengan aplikasi kasir tak hanya karyawan Anda saja yang dapat menikmati kemudahan, namun pelanggan Anda pun juga. Aplikasi kasir berbasis cloud memudahkan para konsumen saat melakukan transaksi pembayaran untuk memilih dengan cara apa konsumen membayar tagihan tersebut mulai dari cash, voucher, debit, kartu kredit hingga alat pembayaran digital kekinian seperti OVO dan GOPAY. Semua sudah tersedia dalam satu Aplikasi dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sehingga transaksi bisa dilakukan secara lebih cepat. Baik itu proses pembayaran yang bisa dilakukan memakai kartu kredit maupun proses percetakan bukti transaksi pelanggan.

3.  Mengurangi Kesalahan

Melakukan transaksi dengan cara konvensional akan cenderung rentan dengan kesalahan. Dengan menggunakan aplikasi kasir, Anda dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan tersebut. Bahkan Anda dapat memperbaiki kesalahan transaksi terakhir. Aplikasi  kasir mengizinkan Anda untuk mengecek kembali produk – produk yang Anda input. Dengan begitu, kesalahan dalam pencatatan transaksi bisa diminimalisir atau dikurangi.

4.  Mengetahui Jumlah Stok

Aplikasi kasir juga dilengkapi dengan fitur  inventori. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat stok makanan secara realtime. Jika ada stok yang dipakai, maka jumlah persediaan yang ditampilkan juga akan secara otomatis berkurang.

Fitur ini tentu akan membuat kontrol persediaan menjadi bisa dilakukan dengan semakin mudah. Sehingga jika ada stok yang jumlahnya semakin sedikit, maka bisa dilakukan penyetokan kembali dan kehabisan stok menjadi dapat diantisipasi dengan baik.

5.  Mengetahui Laba dan Rugi yang Didapatkan pada Waktu Tertentu

Manfaat lainnya dari Aplikasi kasir adalah pencatatan dan penghitungan yang dilakukan lebih akurat. Hasil penghitungan ini bisa dipakai untuk menganalisa apakah bisnis yang sedang dijalankan mengalami keuntungan atau malah mengalami kerugian. Jadi, Anda bisa mengetahui laba dan rugi yang didapatkan pada waktu tertentu melalui laporan ini.