by

Ini Dia Tips Jitu yang Bisa Dilakukan Sebelum Berkunjung ke Dokter Spesialis Radiologi Gigi di Depok

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh penting yang harus selalu dijaga baik dari aspek kebersihan maupun kerapian. Bahkan, saat ini ada berbagai jenis seruan untuk menjaga kesehatan gigi sedini mungkin. Selain itu, perawatan atau kontrol gigi sebaiknya juga dilakukan secara rutin untuk mengantisipasi semua gangguan pada bagian gigi yang mungkin dapat terjadi. Tindakan penting yang sebaiknya dilakukan sebelum Anda menjalani perawatan gigi adalah radiologi gigi. Di berbagai kota besar, Anda dapat menemukan dokter spesialis radiologi gigi di Depok dengan mudah baik dengan mengunjungi rumah sakit atau tempat praktek dokter tersebut.

Sangat disayangkan karena sampai saat ini ada sebagian orang yang merasa takut dengan paparan radiasi karena dianggap dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang membahayakan dan memicu penyakit tertentu. Padahal, radiasi akibat tindakan radiologi aman tanpa ada yang perlu di khawatirkan selama dosisnya tidak berlebihan. Selain itu, anggapan tersebut juga menjadi salah satu alasan mengapa pemeriksaan yang menggunakan prosedur radiologi harus di awasi langsung oleh dokter ahli profesional.

Umumnya ada dua jenis tindakan radiologi yang banyak digunakan oleh para dokter ahli gigi yaitu radiograf panoramic dan sefalometri lateral. Kedua jenis tindakan tersebut tentu saja memiliki fungsi serta manfaat berbeda, karena akan disesuaikan dengan keluhan Anda. Agar pada saat kontrol atau konsultasi perawatan kesehatan gigi dapat berjalan lancar, berikut akan kita bahas beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Sampaikan semua keluhan yang Anda rasakan dengan jujur pada dokter agar dapat segera mendapatkan penanganan terbaik dan biasanya dokter akan memberikan beberapa langkah antisipasi agar sakit atau gangguan pada gigi tersebut tidak muncul kembali.
  • Jika Anda saat ini menjadi seorang perokok aktif, maka sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut atau jika bisa mulai berhenti sedini mungkin. Selain memiliki dampak buruk untuk kesehatan gigi, merokok juga dapat memicu berbagai jenis penyakit kronis seperti gangguan pernafasan atau organ vital didalam tubuh.
  • Lakukan cek kesehatan gusi, gigi dan mulut secara teratur untuk tetap menjaga agar selalu dalam kondisi bersih dan sehat. Selain itu, tindakan ini juga sebagai langkah antisipasi jika muncul gejala atau jenis penyakit tertentu.
  • Meskipun menggiurkan, namun akan lebih baik jika Anda mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa manis berlebih karena memberikan dampak kurang baik untuk kesehatan gigi.

Berkunjung ke dokter spesialis yang menangani masalah gigi memang terkesan menakutkan, terlebih lagi bagi para anak usia balita. Hal inilah yang sebenarnya menjadi salah satu alasan mengapa ada banyak penderita kelainan atau kerusakan gigi sejak dini karena kurangnya kesadaran. Akan tetapi, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah tersedia berbagai peralatan canggih yang mendukung perawatan, pemeriksaan sampai dengan berbagai gangguan yang sering terjadi pada gusi, gigi dan mulut memadai sehingga dapat meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan.

Demikian ulasan mengenai tips penting yang perlu Anda perhatikan sebelum berkunjung ke dokter spesialis radiologi gigi di Depok. Dokter spesialis yang satu ini memiliki pengetahuan dan keahlian khusus yang sudah tidak perlu di ragukan lagi dalam hal pencegahan, diagnosis maupun tindakan pengobatan pada penyakit gigi dan mulut, sehingga Anda dapat mempercayakan urusan kesehatan gigi dengan dokter tersebut karena sudah teruji dan terpercaya. Selain itu, ada baiknya jika Anda selalu merawat dan menjaga kesehatan gigi serta mulut sedini mungkin agar dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit.

News Feed