by

Ingin Mengajukan Pinjaman 10 Juta Langsung Cair Namun Terkendala Rapor Pinjaman yang Buruk? Ini Cara Menyiasatinya!

Meminjam uang ke bank masih menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang tengah bermasalah dengan kondisi keuangan mereka. Apalagi jika seandainya jumlah pinjaman yang dibutuhkan nilainya juga cukup besar hingga puluhan juta rupiah. Mengingat terkadang lembaga keuangan non bank tidak mau mengabulkan permintaan kredit dengan nominal yang besar tersebut. Pinjaman 10 juta langsung cair ini bisa Anda dapatkan dari beberapa produk keuangan yang ditawarkan oleh bank. Seperti diantaranya adalah KTA ataupun KMG.

Hanya saja sebelum bank memutuskan untuk memberikan kredit atau uang pinjaman tersebut kepada calon debitur. Maka ada banyak sekali hal-hal yang mereka jadikan sebagai pertimbangan. Apalagi pada dasarnya tidak semua debitur memiliki prospek yang bagus. Tak jarang diantaranya debitur bermasalah yang justru hanya akan menyebabkan kredit macet, seperti diantaranya tak rutin dalam membayar kewajiban akan cicilan tersebut, juga dikarenakan hutang menumpuk di beberapa lembaga keuangan lainnya, sehingga tak bisa segera dilunasi.

Hal ini otomatis membuat catatan kredit menjadi buruk bukan. Ketika riwayat atau history kredit tersebut memburuk maka akan sulit bagi Anda dalam mendapatkan pinjaman selanjutnya. Untuk itulah bagi Anda yang memang memiliki rapor kredit buruk, maka berikut diantara cara untuk menyiasatinya, yaitu:

  1. Pahami terlebih dahulu kriteria 5C dari BI. Bank sentral ini menyimpan data seluruh debitur atau orang yang pernah melakukan transaksi berupa pinjaman kepada lembaga keuangan. Nantinya disana akan diberikan ranking terkait dengan kelancaran dalam membayar hutang. Diantaranya mulai dari peringkat pertama bagi mereka yang selalu lancar atau tepat waktu membayar cicilan sampai dengan peringkat kelima yang laporan kreditnya macet. Kriteria 5C yang diberikan oleh BI ini diantaranya adalah capacity, character, collateral, condition dan juga capital.
  2. Kunjungi gerai BI, jika Anda ingin memulihkan track record keuangan yang buruk, maka tidak perlu khawatir, cukup dengan mengunjungi gerai Bank Indonesia yang ada. pastikan juga untuk membawa serangkaian dokumen yang diperlukan atau menjadi syarat untuk pemulihan track record ini. Namun jika sibuk maka form bisa Anda dapatkan secara online.
  3. Urus rapor kredit Anda sesegera mungkin, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengurus rapor kredit tersebut. sebelum mulai mengurus rapor kredit ini, maka sebelumnya Anda akan dilakukan pemeriksaan oleh BI tersebut, data-data yang sudah ada pada database baik itu data pribadi maupun badan usaha. Dimana akan dapat terlihat bagaimana rapor kredit tersebut. Jika seandainya rapor kredit buruk maka harus sesegera mungkin memulihkannya.
  4. Tingkatkan nilai rapor sampai pada peringkat pertama, jika seandainya rapor kredit Anda di posisi ke 3 atau bahkan sampai ke 5 maka tidak perlu khawatir. Karena pada dasarnya rapor tersebut memang dapat ditingkatkan, caranya adalah dengan melunasi hutang yang Anda miliki pada lembaga keuangan yang bersangkutan. Jika semua hutang sudah lunas, maka otomatis peringkat rapor juga ada pada posisi pertama.

Jika catatan kredit Anda bagus, maka bukan hal yang sulit untuk bisa mendapatkan pinjaman 10 juta langsung cair yang lainnya. Patut untuk diingat bahwa memang history kredit ini masuk sebagai salah satu penilaian dari lembaga keuangan untuk memutuskan apakah akan memberikan Anda uang pinjaman ataukah tidak. Jika rapor kredit buruk otomatis tidak bisa mengajukan pinjaman.

News Feed