by

Ingin Liburan? Booking Dulu Tiket Keretanya Disini

Momen liburan seperti libur akhir tahun atau libur semester pasti banyak dinantikan oleh anak – anak sekolah hingga orang tua mereka. Bahkan juga untuk mahasiswa yang sudah penat dengan segala aktivitas perkuliahan. Kamu salah satunya? Wah, sepertinya kamu memang butuh liburan. Hal yang paling penting untuk dipersiapkan saat akan berangkat liburan tentunya tiket. Namun, jangan khawatir sekarang ada traveloka kamu bisa booking dulu tiket kereta nya disini.  Bagaimana cara booking tiket kereta di traveloka? Mudah sekali. Traveloka merupakan partner resmi KAI, sehingga tiket anda juga pasti tiket resmi bukan tiket abal – abal. 

Cara memesan tiket melalui traveloka pun sangat mudah. Pertama, yang perlu kamu lakukan adalah memilih pilihan “Train / Kereta api” di halaman homepage traveloka. Selanjutnya, kamu perlu mengisi rute, waktu keberangkatan, jumlah penumpang kemudian kamu bisa memilih “Search / Cari”. Kamu dapat melihat nama kereta api, kelas kereta dan waktu keberangkatan. Pilih salah satu sesuai keinginanmu. Kemudian kamu dapat mengisi informasi pribadi dari penumpang seperti nomor ID KTP, SIM atau paspor dan nomor kontak yang dapat dihubungi. Setelah selesai, kamu dapat memilih kursi pada pilihan “select seat” dan tinggal melanjutkan pembayaran.

Kenapa kamu harus memilih traveloka? Tentunya karena berbagai kelebihan yang ditawarkan selain itu traveloka merupakan partner resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI). Berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh traveloka, yakni sistem booking yang sudah terjamin aman dan pastinya terpercaya karena merupakan mitra resmi PT. KAI. Kedua, traveloka memberikan kenyamanan dan kepraktisan saat memesan tiket. Setelah data dan pembayaran masuk maka penumpang akan langsung memperoleh email yang berisi e-tiket dan langsung dapat mencetaknya di mesin cetak mandiri di stasiun untuk melakukan check-in. Ketiga, traveloka sering mengadakan promo tentunya ini yang sangat ditunggu bukan? Siapa yang tidak ingin berhemat dengan berbagai penawaran promo yang tersedia. Keempat, traveloka menawarkan kemudahan pembayaran karena kamu dapat membayar melalui transfer bank atau melalui merchant yang sudah bekerja sama dengan traveloka. Di traveloka, kamu juga bisa memesan jadwal hingga 30 hari kedepan tanpa khawatir kehabisan tiket. Traveloka tidak hanya menyediakan rute langsung, apabila lokasi yang ingin anda jangkau termasuk jauh dari rute utama maka traveloka juga menawarkan rute transit/rute alternatif. Hal yang tidak bisa kamu dapatkan jika memesan secara manual. Terakhir, pastinya kamu dapat menghemat waktu antre di loket karena membeli tiket melalui traveloka. Mudah bukan? 

Untuk menghindari mual, pusing yang akan muncul jika kamu naik kereta akibat duduk berlawanan arah dengan laju kereta maka tips ini dapat kamu gunakan. Pertama, kamu harus tahu arah laju kereta. Kamu tidak tahu? Ada google. Namun, jika google juga tidak bisa memunculkan jawaban kamu dapat memakai petunjuk ini biasanya apabila kamu melakukan perjalanan ke arah barat maka kamu harus duduk di arah barat juga. Umumnya tempat duduk nomor awal selalu menghadap ke arah timur. Masih bingung? Sederhananya, jika kamu akan melakukan perjalanan dari Stasiun Senen, Jakarta ke Yogyakarta maka kamu harus memilih nomor kursi belakang seperti nomor 12 hingga nomor 19. Lalu, jika kamu bepergian dari Yogyakarta ke Jakarta, maka kursi yang kamu pilih sebaiknya nomor 1 hingga 11. Tapi, tempat duduk awal seperti nomor 1,3 akan terasa tidak nyaman karena goncangannya akan lebih terasa jika dibandingkan tempat duduk di tengah. Jadi lebih disarankan untuk memilih tempat duduk nomor 11 atau 12. Tips lainnya yakni hindari bordes. Jika tempat duduk masih banyak, maka pilih yang agak jauh dari bordes atau toilet. Kenapa? Tentunya karena bau tidak sedap yang sering muncul dari bordes / toilet. Selain itu, sambungan antar gerbong juga akan terdengar bising dan akan membuatmu tidak nyaman, terlebih jika kamu akan melakukan perjalanan dalam waktu lama. Tips lain yang dapat kamu lakukan adalah memilih tempat duduk di pinggir jendela karena dekat dengan jendela dan colokan listrik.

Bagaimana? Sudah siap liburan? Selamat berlibur. 

News Feed