by

Cara Mudah Menghitung Kalender Masa Subur

Bagi Anda yang saat ini sedang mendambakan kehadiran buah hati, membuat kalender masa subur merupakan langkah awal jika Anda ingin melakukan program hamil. Kalender ini punya tujuan supaya Anda ini bisa tahu masa subur Anda jadi Anda bisa mengatur kapan waktu yang tepat untuk Anda berhubungan supaya bisa hamil.

Masa subur dari wanita ini semuanya tergantung dengan siklus menstruasi yang mereka alami semua wanita biasanya punya siklus yang beda, siklus ini di hitung dari hari pertama wanita mens hingga mens yang selanjutnya. Biasanya untuk siklus mens pada wanita ini selama 21 sampai 35 hari.

Cara Menentukan Siklus Menstruasi

Pada hari pertama menstruasi ini menandakan jika siklus dari kalender haid sudah dimulai, Selama siklus menstruasi ini berlangsung salah satu ovarium akan melepaskan  sel terunya kedalam Rahim. Pelepasan ini di sebut dengan masa ovulasi. Biasanya sel telur ini Cuma bisa bertahan selamam 24 jam saja setelah dia di lepaskan, jadi dalam jangka waktu tersebut sel sperma ini harus bisa membuahi sel telur supaya kehamilam ini bisa terjadi.

Tapi bukan berarti jika Anda ini hanya bisa berhubungan seks di masa ovulasi saja. Sperma ini bisa hidup dan juga berenang di dalam Rahim selama beberapa har setelah hubungan seks selesai, jadi sperma masi bisa membuahi sel telur yang di lepaskan dari ovarium ke Rahim. Supaya bisa tahu kapan masa subur Anda, sebaiknya anda ini cari tahu dulu berapa lama siklus mens Anda. Ini dia langkah untuk tahu siklus mens Anda:

  • Catat siklus menstruasi selama 6–12 bulan

Untuk siklus menstruasi ini bisa Anda hitung dari hari pertama mens hingga mens ke bulan berikutnya. Missal jika Anda mens di bulan januari di tanggal 1 lalu di bulan februari Anda mens di tanggal 2 maka silkusnya ini adalah 32 hari. Hitung silus ini selama 6 sampai dengan 12 bulan.

  • Tentukan siklus menstruasi terpendek

Jika sudah Anda tentukan Anda bisa mengurangi jumlah siklus menstruasi Anda dengan angka 18. Missal jika siklus mens paling pendek Anda 28 hari maka hasilnya 10. Artinya di hari 20 setelah siklus mens pertama Anda ini merupakan masa subur Anda.

  • Tentukan siklus menstruasi terpanjang

Untuk mengetahui ini Anda hanya perlu mengurangi siklus mens terpanjang Anda dengan angka 11 jadi bila siklus mens terpanjangnya adalah 32 hari maka hasilnya adalah 21, nah di hari tersebutlah masa subur Anda berahkir. Bagi Anda yang ingin memiliki buah hati Anda ini sangat di sarankan untuk melakuan hubungan seks di tanggal tersebut yaitu di hari ke 10 sampai hari ke 21 di kalender haid Anda. Anda juga harus ingat yang jika waktu ovulasi juga di pengaruhi berbagai faktor, salah satunya stress, penggunaan obat, dan kondisi medis. Anda bisa menggunakan metode ini untuk tahu kapan waktu ovulasi dan juga kesuburan Anda ini berlangsung, tapi hasil ini belum tentu akurat dan belum tentu juga bisa Anda andalkan, terlebih jika siklus Anda ini sangat tidak teratur.

Nah itu dia cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui masa subur Anda, untuk memudahkan ini semua saat ini Anda sudah tidak perlu menghitungnya secara manual, karena sudah banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan. Carilah aplikasi yang terbaik menurut Anda.