Cara Membuat Breakout Room Zoom Meeting Termudah!

Teknologi80 views

Pasti kamu sedang bingung dan mencari tahu bagaimana Cara Bikin Breakout Room di Zoom? kamu sudah mencari tutorial di artikel lain namun masih bingung cara membuatnya? Tenang saja, disini kami sudah membuatkan tutorial mudah dan lengkap cara membuat dan menggunakan breakout room di zoom meeting.

Zoom meeting memang merupakan sebuah aplikasi video conference yang paling populer saat ini. Dengan fitur menarik yang ditawarkan, tak heran bila zoom meeting menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang untuk memulai rapat secara online.

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh zoom yang bisa menunjang aktifitas kita agar lebih produktif, yakni adanya fitu Breakout Room. Fitur Breakout Room Zoom Meeting merupakan sebuah fitur yang memungkinkan peserta yang banyak dibagi kedalam room yang lebih kecil dalam sekali meeting.

Tentunya hal tersebut akan memudahkan kita untuk bisa berdiskusi lebih fokus dan bisa memantau peserta dengan lebih mudah. Adapun cara menggunakannya, kamu bisa langsung simak saja ulasannya dibawah ya!!

Aktifkan Fitur Breakout Room Pada Akun Zoom

Hal pertama yang wajib banget kamu lakukan sebelum menggunakan fitur ini yaitu mengaktifkan fitur breakout room di dalam akun zoom yang kamu miliki. Bila kamu tidak mengaktifkannya maka fitur tersebut tidak akan muncul dihalaman room meeting nantinya.

Langkah 1 : Masuk dan login ke pengaturan akun zoom meeting melalui situs resmi zoom.us dengan browser.

Langkah 2 : Setelah berhasil login, pilih opsi “My Account” dipojok kanan atas.

Langkah 3 : Masuk ke menu “setting” yang ada di sidebar bagian kiri.

Langkah 4 : Scroll kebawah dan cari “Breakout Room” lalu aktifkan fitur tersebut.

Langkah 5 : Centang dibagian “Allow host to assign participants to breakout rooms when scheduling” agar peserta bisa masuk kedalam breakout setelah disetujui host.

Langkah 6 : Secara otomatis perubahan akan tersimpan.

Setelah berhasil mengaktifkan fitur breakout room langkah selanjutnya kamu bisa langsung praktik membuat dan menggunakan breakout room pada pembahasan selanjutnya.

Cara Membuat dan Menggunakan Breakout Room Zoom Meeting

Disini kami akan menjelaskan dari awal cara membuat dan menggunakan fitur breakout room. Adapun selengkapnya simak ulasannya dibawah ya!!

Langkah 1 : Buat room zoom meeting dan masuk kedalam room tersebut.

Langkah 2 : Setelah berhasil masuk, dibagian bawah layar akan muncul tambahan fitur baru yakni “Breakout Rooms” dengan ikon persegi empat lalu klik fitur tersebut.

Langkah 3 : Akan muncul pop up kemudian atur banyaknya breakout yang ingin dibuat dan pilih dari 3 opasi penentuan peserta yang akan masuk didalam breakout kemudian klik “Create”.

Langkah 4 : Bila kamu memilih opsi “Assign automatically”, peserta akan diacak masuk kedalam room sesuai jumlah room yang dibuat. Meskipun diacak, akan tetapi kamu masih bisa memindah partisipan sesuai keinginan.

Langkah 5 : Bila kamu memilih opsi “Assign manually”, kamu bisa menempatkan peserta sesuai room yang kamu inginkan dengan klik pada bagian”Assign” untuk memasukannya.

Langkah 6 : Bila kamu memilih opsi “Let participants chose room”, kamu akan membebaskan peserta untuk masuk kedalam room yang mereka inginkan. Tanpa perlu mengatur peserta mau dimasukan kedalam room yang mana, langsung saja klik “Open All Rooms” untuk memulai breakout. Pada tampilan zoom peserta secara otomatis akan menampilkan fitur breakout, peserta bisa klik fitur tersebut dan masuk kedalam room yang mereka inginkan.

Langkah 7 : Kamu bisa melakukan beberapa pengaturan tambahan dengan klik “Options” yang ada di sebelah kiri bawah pop up. Disini kamu bisa mengatur beberapa pengaturan mulai dari lamanya room berjalan, mengizikan pastisipan kembali ke room utama kapanpun dll.

Langkah 8 : Setelah pengaturan selesai, kamu bisa langsung klik “Open All Rooms” untuk memulai breakout.

Langkah 9 : Sebagai host, kamu bisa masuk kedalam room manapun dengan bebas. Caranya mudah, kamu cukup klik fitur “Breakout Rooms” lalu klik “Join” pada room yang diinginkan.

Langkah 10 : Untuk mengakhiri breakout, kamu bisa masuk kedalam fitur “Breakout Rooms” lalu klik “Close All Rooms” disebelah kanan bawah pop up.

Cara Keluar dari Breakout Room Zoom Meeting

Ada kalanya kamu mungkin ingin keluar dari breakout karena beberapa apalasan entah karena ingin berpindah room atau ingin pergi ke room utama. Untuk melakukannya kamu cukup klik opsi “Leave Room” kemudian akan muncul beberapa opsi lalu pilih sesuai keinginan entah itu Leave Breakout Room, atau bahkan Leave Meeting sekalipun.