by

Berikut Beberapa Fakta Menarik Seputar Gunung Bromo, Simak!

Kalian tentunya sudah pernah mendengar nama salah satu gunun yan paling terkenal di Indonesia ini bukan? Ya, Gunung Bromo. Setidaknya kamu sudah pernah melihat atau menontonnya di internet bukan? Gunung Bromo adalah salah satu gunung yang terletak di Jawa Timur dimana Gunung Bromo juga termasuk ke dalam pengelolaan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) alang, yang tentunya memiliki keindahan yang luar biasa. Ketinggian dari Gunung Bromo yakni 2.329 mdpl dan gunung tersebut adalah gunung yang masih aktif. Kali ini kami akan memberikan informasi seputar beberapa fakta menarik Gunung bromo, penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Gunung yang masih aktif

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya bahwa, Gunung Bromo adalah gunung yang masih aktif dengan memiliki ketinggian 2.329 mdpl. Tenang saja, dengan ketinggian tersebut kamu bisa mendakinya dengan cukup mudah sebab Gunung Bromo telah memiliki fasilitas tangga dengan 250 anak tangga. Maka dari itu Gunung Bromo bukanlah gunung bagi para pendaki melainkan gunung bagi para wisatawan dan sangat cocok jika kamu ingin mengajak keluarga atau orang terkasih untuk menikmati Bromo.

2. Asal nama Gunung Bromo

Tentu setiap nama memiliki asal mulanya termasuk Gunung Bromo dimana Bromo dari Brahma yaitu, salah satu dewa yang terdapat di dalam agama Hindu. Dalam bahasa Sansekerta sendiri Brahma dapat dieja sebagai Brama. Selain itu Gunung Bromo adalah gunung yang dianggap suci oleh suku Tengger. Bagi kalian yang tidak mengetahui Suku Tengger, yaitu suku yang mendiami di sekitaran Gunung Bromo, dalam setahun mereka akan mengadakan ritual Kasodo.

3. Terdapat Pura Hindu

Nah fakta menarik Gunung Bromo selanjutnya yaitu Gunung Bromo memiliki pura Hindu, yaitu Putal Luhur Ponten. Pura tersebut dibangun di tahun 2000, bukan hanya untuk sekedar hiasan melainkan untuk digunakan sembahyang oleh umat Hindu tepatnya umat Hindu Suku Tengger. Selain itu Gunung Bromo adalah salah satu bagian dari gunung kompleks di Pegunungan Tengger. Gunung kompleks yang ada antara lain Gunung Batok 2.440 mdpl, Gunung Widodaren, 2.614, Gunung Watangan 2.601 mdpl, dan Gunung Kursi 2.581 mdpl.

4. Lokasi Gunung Bromo

Fakta menarik dari Gunung Bromo selanjutnya yaitu Gunung Bromo adalah gunung yang mencakup empat kabupaten sekaligus. Hal ini tentunya snagat jarang dimiliki oleh gunung lainnya di Indonesia, dan empat kabupaten tersebut antara lain Kabupaten Porbolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Selain dari pada itu di kawasan Gunung Bromo juga terdapat area bukit yang sangat terkenal yaitu Bukit Teletubbies. Bukit tersebut adalah salahs atu spot favorit yang terdapat di Gunung Bromo dimana orang-orang sering berfoto di bukit tersebut. Lokasi dari Bukit Teletubbies sendiri berada di bagian selatan Gunung Bromo, lebih tepatnya di daerah Jemplang.

Saat ini Gunung Bromo tidaklah seperti gunung liar pada umumnya sebab, segala fasilitas telah disiapkan disana. Maka dari itu Gunung Bromo adalah salahs atu gunung wisata dan bukan lagi gunung bagi para pendaki. Unutk mencapai GUnung Bromo juga terdapat dua opsi yaitu dengan menaiki tangga atau dengan kendaraan.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan beberapa fakta menarik seputar Gunung Bromo. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk berkunung ke Bromo? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, terimakasih.