by

Beragam Bahan yang Dipakai untuk Pembuatan Sarung

Sarung Wadimor – Saat ini sarung tidak lagi menjadi sebuah kain yang biasa saja. Sarung ialah salah satu bagian dari budaya dan sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Hampir di seluruh daerah tabah air sudah pasti memiliki hasil kerajinan dalam bentuk sarung. cara pembuatannya juga beraneka ragam, bisa diproduksi dengan berbagai macam cara dan bantuan alat tradisional. Sarung wadimor salah satu sarung khas indonesia, memiliki motif yang beraneka ragam dan memiliki bahan yang berkualitas.

Pemilihan bahan dan bentuk motif pada sarung sangatlah menentukan akan kualitas sebuah sarung. Maka dari itu kita harus mengenali bahan apa yang dipakai untuk membuat sebuah sarung. Jika kita sudah tahu akan bahan yang digunakan, maka kita akan merasa nyaman saat memakinya. Berikut adalah beberapa bahan yang digunakan untuk membuat sarung. Kali ini saya akan membahan bahan-bahan atau kain yang digunakan untuk pembuatan sarung wadimor.

Kain yang Digunakan untuk pembuatan Sarung

  1. Katun

Kain katun memang sering kali digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan, termasuk juga sarung bisa memakai jenis kain katun. Karena teksturnya yang lembut dan juga kuat, menjadikan kain katun menjadi favorit untuk dijadikan sebuah sarung. Pembuatan sarung dengan menggunakan kain katun memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah merasa adem saat digunakan, sangat mudah menyerap keringat, dan ringan karena jenis kain ini tidaklah tebal. Walaupun bentuknya tidak tebal, kain katun tidak tembus pandang.

  1. Poliester

Untuk sebagian orang mungkin masih jarang mendengar jenis kain poliester. Padahal jenis kain ini salah satu yang sering digunakan untuk kebutuhan fashion. Kain poliester atau sering di sebut dengan kain sintetis bahan baku utamanya dari minyak bumi. Adapun keunggulan bila sarung menggunakan bahan jenis kain poliester adalah sarung bisa bertahan sangat lama dan juga tidak mudah kusut. Keunggulan lain saat menggunakan kain jenis ini adalah sangat cepat kering saat di jemur setelah kita mencucinya. Untuk perawatannya sendir sangatlah mudah karena kain poliester lebih tahan terhadap jamur dan bakteri.  Akan tetapi jenis kain ini juga memiliki kelemahan salah satunya adalah susah menyerap keringat, bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan juga mudah terbakar.

  1. Sutra

Bila kita mendengar kain sutera pasti akan berpikiran merupakan bahan terbaik untuk membuatkan pakaian dan berbagai kebutuhan fashion. Karena bahan yang satu ini sangat dikenal sebagai bahan yang lembut dan juga mewah dan juga sangatlah identik dengan harga mahal. Hal tersebut sangatlah wajar karena proses untuk mendapatkan benang sutera sangatlah tidak mudah. Sutera bisa kita dapatkan dari serat kepompong larva ulat sutra.

Adapun beberapa keunggulan bila sarung menggunakan bahan kain sutra adalah sebagai berikut

  • Memiliki kelembutan yang membuat nyaman saat dipakai
  • Memiliki daya serap air yang tinggi, sehingga adam saat digunakan
  • Terlihat sangat mewah, karena jenis kain ini akan memantulkan cahaya saat terkena cahaya

Akan tetapi kain sutra tidak bisa di produksi secara besar-besaran. Mengingat kain ini terbuat dari serat kepompong ulat sutra. Selain itu perawatan untuk kain yang satu ini bisa dibilang sulit dan anda harus memiliki ketelitian yang tinggi supaya kain ini bisa lebih awet dan juga bisa anda gunakan dalam jaka waktu yang panjang.

Itulah tadi beberapa pilihan bahan baku sarung, jadi sarung anda terbuat dari bahan apa? Demikian ulasan yang bisa saya sampaikan untuk anda, semoga bermanfaat.

News Feed