by

Beberapa Tips Mencegah Cedera saat Berolahraga Bersama SehatQ.com

Olahraga merupakan hal yang baik untuk  kesehatan dan kebugaran tubuh. tapi jika kita tidak fokus atau kurang berhati-hati dalam berolahraga, maka akan terjadi cedera.

Beberapa hal penyebab kenapa seseorang rentan mengalami cedera ketika berolahraga.

biasanya penyebab cedera kerika berolah raga  karena terlalu sering berolahraga tanpa jeda terus menurus dan terlalu memforsir tubuh kita .ada juga  Kesalahan cara mempraktekkan gerakan,posisi badan atau  postur tubuh yang salah (misal saat berlari atau mendarat dari lompatan), ingat kita jangan salah  memilih jenis olahraga yang kurang sesuai dengan kondisi fisik juga menjadi beberapa faktor penyebab lainnnya dari cedera saat olahraga.jangan lupa bagi yang sedang dalam pemulihan bisa juga mencari obat yang tepat Di Toko SehatQ.

Menurut dokter Talissa Carmelia M.Psi Personal Growth Clinic yang ada di SehatQ ada beberapa faktor lain yang membuat Anda berisiko cedera saat olahraga, yaitu:

  • Tidak melakukan pemansan sebelum berolah raga dan melakuakn pendinginan setelah berolahraga
  • Tidak ada jeda  beristirahat di satu sesi olahraga berat
  • Tidak menggunakan peralatan yang tepat misalkan angkat besi tidak menggunakan sabuk perut
  • Memaksa berolahraga saat sedang tidak fit(kurang enak badan ) atau baru sembuh dari sakit

Tips Mencegah Cedera Saat Berolahraga

  1. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan fisik kita

Hal yang harus dilakukan atau  terbaik untuk menghindari cedera yaitu mengetahui kapasitas kekuatan kondisi tubuh kita. mungkin dari segi usia  pertimbangan untuk menentukan olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda.  pilihan beberapa jenis olahraga untuk anak-anak. Anak muda dewasa. Orang tua tentunya berbeda mungkin bisa di lihat dari tubuh atletis tentu berbeda dengan pilihan orang tua atau yang lanjut usia.

Sebaiknya kita juga harus rutin berolahraga memang tidak ada faktor yang ringan, seperti jalan santai, berenang, bersepeda, jogging, atau senam aerobik. jika Anda memiliki bekas cedera pergelangan tangan sebaikya jangan berolahraga yang berat dulu sebelum cedera tersebut sembuh dan tentu angkat beban kurang tepat untuk anda.adapula  jika Anda memiliki suatu kondisi atau penyakit, alangkah baiknya kalau kita  konsultasikan lebih dahulu dengan dokter  sebelum mulai olahraga.

  1. Gunakan peralatan olahraga yang tepat

Jika kita lihat setiap berolahraga memiliki peralatan yang berbeda. dari segi faktor terkecil misalkan  sepatu olahraga kita sesuaikan  dengan jenis olahraga yang akan kita lakukan. gambaranya begini : kalau kita main bola,emnggunakan sepatu bola dan sepatu putsal memiliki fungsi dan karakteristik yang jelas berbeda ,sepatu kracak dan putsal jelas beda berdasarkan  jenis lapanganya, satu lagi jenis sepatu lari misalkan yang  dipakai berbeda juga mesipun sama sama sepatu bentuknya . apalagi kalau kita ingin angkat besi hal yang pertama dilakukan adalah ukur berdasarkan berat badan kita dan harus  berat beban yang pas ideal agar tidak menyebabkan cedera.

  1. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Lakukanlah  Pemanasan sebelum kita memulai  berolahraga agar membuat darah kita , mengalir lancar dan melemaskan otot-otot tubuh  yang kaku ,jika kita  akan berlari, contoh pemanasanya simple saja yaitu memutarkan pergelangan kaki kanan dan kiri. Kemudian, lakukan jalan cepat selama 3 menit sampai 8 menit lalu  jangan lupa melakukan pendinginan untuk menormalkan kembali otot dan tubuh Anda.

  1. Jangan berlebihan

Ketika melakukan olahraga berat , tubuh kita juga perlu beristirahat dan atur management pengaturan waktu saat  berolahraga berapa lama durasinya. Bagi Tubuh kita yang sibuk beketja atau  sudah bekerja setiap hari, sebaiknya bila rutinitas olahraga kita divariasikan atau di kombinasikan.

Contohnya minggu pertama lari untuk dua kali dalam seminggu. Jangan lupa diselang-seling harinya supaya tubuh Anda punya kesempatan untuk memulihkan diri dan mencegah kelelahan. Misalnya lari setiap, Kamis, dan Minggu. jika kita mulai terbisa untuk melakukan olah raga, kita bisa menambah  durasiwaktu  (dari 10 menit jadi 20menit) dan tergantung frekuensinya (misal dari 2 kali seminggu jadi 3 kali).

News Feed