Merokok adalah sebuah aktivitas yang sudah sangat lumrah di lingkungan kita, walau rokok itu berbahaya bagi kesehatan kita maupun orang yang berada di sekitar kita, tapi tetap saja meroko menjadi rutinitas yang sangat penting dalam kehidupan perokok, nah untuk kalian yang belum merokok jangan sekali kali kalian mencoba untuk menghisap rokok, karena bahaya merokok sangatlah merugikan baik untuk diri kita atau pun orang di sekitar kita.

Sebelum kita masaki pembahasan apa apa saja bahaya merokok alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui apa itu rokok, dan juga apa apa saja kandungan yang ada dalam rokok. Rokok adalah gulungan kertas berbentuk silinder yang berisi daun daun tembakau yang telah di potong dan di keringkan, rokok memiliki panjang 70 hingga 120 mili meter, dan memiliki diameter sekitar 10 mm.

Lalu apa yang di maksud dengan merokok? Merokok adalah kegiatan membakar rokok dan menghisapnya kemudian menghembuskan kembali asap yang telah kita hisap, dan asap ini yang bisa menimbulkan bahan untuk kita yang berada di sekitar perokok, lalu apa sih alas an orang merokok? Alasan yang sering kali saya temui ketika saya bertanya kepada para pemula perokok di sekitar saya, dan jawabannya pun sangat simpel, yaitu: coba-coba, ikut-ikutan, penasaran, ingin terlihat gaya, iseng, biar tidak di katain banci, lambing kedewasaan, penghilang jenuh, kesepian, dan juga meniru orang tua.

Hello bro, sadar dong, lo bilang ngeroko itu lambang kedewasaan, hey lambang kedewasaan itu bukan rokok, lambang kedewasaan itu, ketika kita telah bisa memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang buruk, mampu bertanggung jawab terhadap apa yang telah kita perbuat, dan juga punya jiwa kesatria yaitu berani mengakui kesalahan kita dan mau untuk memperbaiki kesalahan kita.

Lalu apa sih kandungan dalam rokok hingga merokok di katakana sebagai kegiatan yang berbahaya? Berikut ini adalah beberapa kandungan yang ada dalam rokok. Yaitu:

  1. Rokok mengandung Karbon monoksida, yang bisa menyebabkan fungsi otot jantung dapat menurun dan bisa menimbulkan pusing, dan juga lemas.
  2. Nikotin, dapat menyebabkan muntah dan sebagainya.
  3. Tar
  4. Hidogen sianida
  5. Benzene
  6. Formaldehida
  7. Arsenic
  8. Cadmium
  9. Ammonia

Berikut ini adalah beberapa gangguan atau bahaya merokok, di antaranya:

  • Gangguan kardiovaskular, merokok dapat mengakibatkan serangan jantung, perokok memiliki resiko 2 hingga 4 kali lipat menderita serangan jantung.
  • Saraf otak terganggu, sehingga bisa mengakibatkan stroke hal ini juga bisa menimbulkan kematian.
  • Paru-paru salah satu efek yang terkenal yaitu kanker paru paru.
  • Kanker tenggorokan
  • Lambung, merokok juga bisa melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan anda, hal ini bisa menyebabkan asam lambung bergerak kearah yang salah, yaitu ke kerongkongan.
  • Tulang, racun yang ada pada rokok bisa menimbulkan tulang menjadi rapuh dan keropos.
  • Organ reproduksi, pada pria merokok bisa menimbulkan impotensi.

Untuk informasi ganjil genap baca di sini jalur ganjil genap.