Apa Saja yang Mesti Dicek Saat Ingin Beli Mobil Bekas Agar Tidak Rugi?

Otomotif12 views

Ada banyak perbedaan antara orang yang beli mobil baru dengan mobil bekas. Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara keduanya adalah terkait dengan proses inspeksi atau pengecekan. Bagi yang membeli mobil baru yang sudah terpajang di dealer tentunya tidak perlu lagi dilakukan pengecekan. Alasannya karena memang semua mobil baru yang baru diproduksi di pabrik tentunya kualitasnya masih 100% karena belum pernah digunakan sebelumnya. Sehingga setiap orang yang membeli mobil baru dapat dinyatakan sebagai pengguna pertama kendaraan tersebut. Hal ini tentu berbeda dengan kondisi mobil second yang sudah pernah digunakan sebelumnya.

Selain sudah pernah digunakan oleh pemilik pertama, kedua, dan seterusnya, mobil bekas juga harus dilakukan inspeksi ketika ingin dibeli. Bahkan proses inspeksi yang dilakukan bukan hanya sekedarnya saja tetapi juga harus detail dan teliti pada setiap bagiannya. Jadi bisa dikatakan bahwa perbedaan antara beli mobil baru dan bekas terletak pada proses pengecekannya. Lalu apa saja yang mesti dicek saat ingin beli mobil bekas agar tidak mengalami kerugian di masa mendatang? berikut ini ulasannya.

Cek body

Setiap orang tentu bisa memulai proses pengecekan dari mana saja tetapi hal paling umum yang sering dilakukan yaitu mengecek bagian luar atau body terlebih dahulu. Bahkan untuk mengecek bagian yang satu ini juga sangat mudah karena calon pembeli hanya cukup mengecek semua body dari depan sampai belakang. Perhatikan setiap area mulai dari kap mesin, cat, kaca, hingga pintu apakah masih dalam kondisi bagus atau ada sedikit masalah seperti baret atau retak. Jika pernah dilakukan cat ulang maka akan ada perbedaan antara warna yang asli dan juga warna cat yang baru.

Cek interior beserta aksesoris

Setelah mengecek bagian luar atau body secara menyeluruh dan juga sudah bisa menilai, maka selanjutnya calon pembeli bisa masuk ke dalam interior. Tidak ada salahnya untuk berpindah tempat duduk untuk bisa mengecek setiap kursi yang ada di dalam kendaraan. Beberapa bagian yang mesti cek yaitu dashboard, karpet, audio, lampu kabin, seat belt, jok, rem tangan, dan juga AC. Pastikan semuanya dalam kondisi yang baik dan juga normal, tetapi jika memang ada beberapa masalah tentunya bisa menjadi catatan.

Selain cek bagian luar serta dalam, maka ada pengecekan yang tidak boleh dilewatkan yaitu cek bagian mesin. Tetapi bagi yang sudah memilih platform mobbi sebagai tempat untuk jual beli mobil bekas maka sudah tidak perlu lagi melakukan pengecekan. Hal ini karena memang sudah dilakukan oleh mekanik yang profesional dan juga punya jam terbang yang tinggi. Makanya dibanding harus melakukan pengecekan secara mandiri, maka ada baiknya untuk mempercayakan semua transaksi pembelian kepada platform yang pernah bernama mo88i ini.