by

8 Ciri-Ciri Psikopat Secara Umum yang Perlu Anda Ketahui

Psikopat merupakan suatu kondisi yang termasuk pada gangguan kepribadian antisosial. Kemungkinan Anda tidak akan pernah mengetahui keberadaan seorang psikopat hanya dari tampilan luarnya saja, bahkan terkadang seorang psikopat berpenampilan normal dan cenderung disukai banyak orang.

Namun, Anda dapat mengenali ciri-ciri dan gejala dari seorang psikopat agar Anda lebih waspada terhadap keberadaan mereka. Berikut ini terdapat ciri-ciri psikopat secara umum yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  1. Psikopat Sering Bertindak Secara Impulsif

ciri-ciri psikopat

Impulsif merupakan seseorang orang yang bertindak atau melakukan suatu hal sesuai dengan insting mereka tanpa memikirkan dampak dan akibatnya, biasanya psikopat memiliki sifat yang satu ini. Tindakan impulsif juga dapat membuat seorang psikopat kesulitan dalam mengontrol diri mereka.

  1. Cenderung Sulit untuk Menunjukan Rasa Empati

ciri-ciri psikopat

Ciri-ciri yang satu ini dapat membedakan antara manusia biasa dengan seorang psikopat, yakni sulit untuk menunjuka rasa empati mereka terhadap penderitaan hewan atau orang lain. Hal ini dikarenakan seorang psikopat tidak memiliki hati nurani dan rasa empati sedikit pun.

Oleh karena itu, ketika mereka menyakiti atau berbuat jahat ke orang lain atau hewan, mereka tidak akan nampak bersalah. Seorang psikopat tidak akan memahami ketika seseorang sedang merasa ketakutan, sedih, cemas, meskipun orang tersebut merupakan orang terdekat mereka.

  1. Bersifat Narsisitik

ciri-ciri psikopat

Seorang psikopat biasanya akan memiliki sifat narsistik, tetapi tidak semua orang narsis dapat disebut sebagai psikopat. Biasanya terdapat sifat narsis tertentu yang dimiliki oleh sebagian psikopat, seperti egois, merasa dirinya lebih baik dari oranglain, terlalu percaya diri, dan sombong.

  1. Tidak Tanggung Jawab

ciri-ciri psikopat

Seorang psikopat biasanya sering tidak tanggung jawab atas hal yang mereka lakukan, seringkali mereka akan menyalahkan orang lain terkait masalah hidup mereka atau suatu kesalahan yang telah mereka perbuat.

Psikopat tidak dapat dipercaya ketika mereka membuat suatu janji, mereka akan mengabaikan kewajiban dan komitmen tersebut tanpa merasa harus bertanggung jawab. 

  1. Tidak Memiliki Tujuan dalam Jangka Panjang

ciri-ciri psikopat

Salah satu tujuan dari kebanyakan psikopat yaitu ingin terkenal dan ingin menjadi orang kaya. Mereka cenderung tidak tahu bagaimana cara menggapai tujuan tersebut, tetapi disaat yang bersamaan mereka percaya bahwa tujuan tersebut akan tercapai tanpa melakukan apapun.

  1. Pandai Berbohong

ciri-ciri psikopat

Terdapat penelitian terkait ciri-ciri seorang psikopat yang sangat pandai dalam menebar kebohongan. Mereka pandai dalam melakukan hal-hal seperti menyebarkan fitnah, berbohong, dan sering memutar balikan fakta.

Semua hal tersebut dilakukan agar mencapai kepuasan tersendiri dan demi mencapai keuntungan bagi dirinya sendiri.

  1. Terlalu Cerdas

ciri-ciri psikopat

Terdapat sebuah studi yang meneliti perilaku seorang psikopat. Dalam studi tersebut membahas penelitian melalui kepribadian pasien yang menunjukan tanda-tanda gangguan kejiwaan sejak umur 15 tahun.

Melalui hasil psikotes yang dilakukan, mereka cenderung memiliki IQ yang tinggi atau bisa dikatakan mereka cerdas. Selain itu, berdasarkan tes pengetahuan, biasanya mereka akan memiliki pengetahuan yang sangat luas.

  1. Memiliki Wawasan yang Luas

ciri-ciri psikopat

Seorang psikopat akan menyukai sesuatu atau seseorang secara berlebihan, sehingga mereka akan mempelajarian hal secara mendalam dan lebih serius. Hal ini membuat ketidakseimbangan dengan kontrol emosi mereka.

Sekian ulasan mengenai ciri-ciri psikopat secara umum yang perlu Anda ketahui dan waspadai, serta perhatikan orang-orang sekitar Anda bila menunjukan ciri-ciri psikopat agar bisa dibawa ke dokter atau psikolog lebih cepat untuk diberikan penanganan lebih lanjut.

News Feed