by

8 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Unik dan Menarik

Memiliki wilayah yang sangat luas, Indonesia memang kaya akan kebudayaan dan juga tradisi. Hal ini juga membuat bangsa kita memiliki banyak sekali alat musik yang unik dan menarik.

Pada umumnya setiap wilayah di tanah air akan memiliki alat musik yang berbeda-beda. Bukan hanya bentuknya saja, secara keseluruhan alat-alat musik tradisional ini bahkan bisa saja berbeda.

Berikut ini adalah beberapa alat musik tradisional indonesia yang unik dan menarik:

  • Sasando

Alat musik yang satu ini berasal dari NTT. Sasando merupakan alat musik petik yang unik. Bukan hanya itu saja, alat musik ini juga memiliki bentuk yang sangat menarik.

Sasando terdiri dari potongan bambu yang diberi bantalan kayu sebagai penahan senarnya. Alat musik ini bisa ditemukan dalam 28 senar atau 58 senar sekaligus.

  • Tifa

Alat musik yang satu ini berasal dari wilayah Timur Indonesia, yakni Papua dan juga Maluku. Tifa biasanya dipakai sebagai alat musik tradisional dalam upacara adat.

Tifa terbagi dalam beberapa jenis yang berbeda, antara lain: jenis bas, jenis potong, jekir, dan juga dasar. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul ini juga bisa memberikan bunyi yang berbeda.

  • Gamelan

Gamelan adalah alat musik yang banyak ditemukan di daerah Jawa dan juga Bali. Ini termasuk salah satu alat musik tradisonal Indonesia yang populer dan bahkan dikenal hingga keluar negeri.

Gamelan merupakan seperangkat alat musik yang terdiri dari beberapa jenis, antara lain: celempung, gong, gambang, saron, dan yang lainnya. Alat musik ini biasanya dimainkan oleh beberapa orang.

  • Tatabuang

Alat musik ini berasal dari Lamanole, sebuah daerah di kawasan Flores Timur. Tatabuang merupakan alat musik pukul yang bisa menghasilkan suara yang nyaring dan indah.

Ada 2 cara yang lazim digunakan saat memainkan alat musik tatabuang, yakni dengan digantung atau langsung diletakkan pada pangkuan orang yang memainkannya. Alat musik ini dibuat dari kayu sukun.

  • Arbab

Arbab merupakan alat musik yang berasal dari wilayah Pidie dan juga sekitar Aceh pada umumnya. Alat musik yang satu ini kerap dipakai pada berbagai acara yang berbau hiburan.

Namun saat ini, arbab sudah mulai sulit ditemukan dan sudah jarang orang yang bisa memainkannya. Alat musik ini bahkan kemungkinkan sudah terlupakan dan mulai punah.

  • Gambus

Gambus merupakan alat musik yang populer dan berasa dari wilayah Riau. Alat musik petik ini banyak digunakan dalam musik-musik Melayu, yang merupakan bagian dari kebudayaan wilayah tersebut.