by

5 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak

Anak yang beranjak 1 tahun rasa ingin tahunya akan lebih terlihat disbanding sebelumnya. Itu mengapa sangat penting bagi para orang tua untuk mendorong tumbuh kembangnya. Dapat melalui gerakan, suara, dan berbagai hal di sekitarnya.

Salah satu cara yang paling sering dilakukan dan terbukti efektif adalah melalui mainan edukasi. Menurut studi dari The American Academy Pediatrics (AAP), mainan edukasi anak yang tepat akan membantu tumbuh kembang dan meningkatkan kemampuan dalam belajar hal-hal baru [1]. Maka dari itu penting untuk orang tua tidak salah memilih mainan edukasi.

Berikut pilihan mainan edukasi yang sesuai untuk anak 1 tahun.

  • Mainan yang mengenalkan bentuk, warna hingga huruf

Melalui mainan ini. Kita bisa mengajak anak untuk memisahkan mainan-mainan sesuai dengan warna atau bentuknya. Nantinya kemampuan kognitif dirinya akan berkembang. Mulai dari kontruksi peroses berpikir seperti mengingat, pemecahan masalah hingga pengambilan keputusan secara tepat [2].

  • Mainan alat musik

Selain dapat menjadi mainan yang mengibur anak karena mengeluarkan suara, mainan alat musik dapat bermanfaat sebagai media untuk melatih anak lebih peka, khususnya indera pendengaran.

Pilihlah mainan yang mempunyai warna-warna cerah agar anak semakin senang memainkannya [2].

  • Mainan dengan kegiatan fisik

Untuk mengembangkan sebuah koordinasi antara mata dan tangan serta kemampuan motoriknya, mainan yang lebih mengarah ke kegiatan fisik seperti bola atau sepeda tidak ada salahnya Anda berikan kepada anak.

Melalui mainan dengan kegiatan fisik, anak dapat terdorong semakin lebih aktif karena seluruh anggota tubuhnya ikut bergerak [2].

  • Mainan dengan tema binatang

Manfaat mainan ini adalah untuk membantu mereka berlatih mengenal sekaligus mengingat berbagai nama dari jenis binatang.

Mainan ini juga dapat melatih imajinasi anak sambil duduk tanpa terlalu banyak bergerak [2].

  • Mainan yang bisa digerakkan menggunakan kaki

Agar otot kaki pada anak semakin kuat Anda dapat membeli mainan edukasi seperti mobil kecil untuk anak yang dapat ia naiki. Mainan ini biasanya dioperasikan menggunakan kedua kaki anak yang akan mendorong mobil tersebut.

Jika rutin memainkan permainan jenis ini perkembangan fisik anak diharapkan akan terus meningkat [2].

Itulah 5 rekomendasi mainan edukasi yang dapat Anda sediakan dirumah demi menunjang kreatifitas, kepintaran dan motorik pada anak. Karena bermaina merupakan kegiatan penting untuk anak.

Sebagai orang tua Anda memiliki peran penting dalam menemani anak saat bermain. Jadi, jangan lupa selalu berada di sekitar anak saat ia sedang melakukan kegiatan bermainnya. Karena dengan bermain bersama Anda akan terjalin sebuah interaksi sosial pada anak.

Tidak lupa juga untuk selalu menyediakan air mineral selama anak bermain. Karena faktanya Minum air mineral merupakan salah kebutuhan dasar bagi kita sebagai seorang manusia. Khusus untuk bayi dan balita, air mineral bahkan mempunyai peranan yang lebih penting dibandingkan kebutuhan orang dewasa [3].

Berikut manfaat mengkonsumsi air mineral bagi anak [4].

  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Menunjang kecerdasan anak
  • Mendukung aktivitas anak

Untuk itu penting bagi orang tua untuk selalu memperhatikan dan mencukupi sebutuhan air pada anak. Dengan begitu ketika anak sedang bermainan dengan mainan edukasinya ia dapat bermain dengan lancar dan mendapatkan hasil yang optimal.

Sama hal nya dengan memilih mainan edukasi, memilih air mineral yang akan dikonsumsi oleh anak juga tidak boleh sembarangan. Pilihlah AQUA yang lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya  dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mencukupi kebutuhan hidrasi si kecil karena kemurnian di setiap tetesnya tetap terjaga serta telah melewati lebih dari 400 cek kualitas [4].

Sedia AQUA dimanapun dan kapanpun keluarga Anda berada.

Referensi:

  1. https://parenting.orami.co.id/magazine/mainan-edukasi-anak-1-tahun/
  2. https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/fx-dimas-prasetyo/pilihan-mainan-edukasi-anak-1-tahun-yang-perlu-dibeli/5
  3. https://www.usgs.gov/special-topic/water-science-school/science/water-you-water-and-human-body?qt-science_center_objects=0#qt-science_center_objects
  4. https://www.sehataqua.co.id/3-fakta-tentang-pentingnya-air-mineral-untuk-kesehatan-anak/

News Feed