4 Tips Berkendara Dengan Aman dan Nyaman di Musim Hujan

Otomotif29 views

Setiap pemilik mobil akan merasakan kondisi jalanan yang berbeda yaitu musim kemarau dan musim hujan. Saat musim kemarau, maka jalanan berpotensi kering karena jarang terjadi hujan sehingga bisa mengemudi secara normal. Tetapi ketika sudah mulai memasuki musim hujan maka jalanan akan lebih sering basah sehingga pengendara harus bisa cara berkendara agar tetap aman. Belum lagi jika intensitas curah hujan sedang tinggi maka bisa berdampak banjir dan beberapa genangan air di beberapa titik lokasi. Bagi yang ingin selalu merasa aman di kala musim hujan, maka bisa mengikuti tips penting agar mengemudi selalu aman dan nyaman saat kondisi jalan basah.

Hindari titik genangan

Saat hujan sudah mulai reda, maka akan ada titik genangan air di jalan yang harus dihindari oleh pengemudi. Genangan terjadi karena adanya lubang di jalan atau permukaan jalan yang tidak rata sehingga pengendara harus lebih hati-hati jika ada genangan air. Jika mobil sering melewati genangan air yang permukaannya tidak rata maka akan berdampak pada kerusakan komponen. Kerusakan yang terjadi mulai dari suspensi, sistem AC, sampai transmisi. Bahkan di beberapa kejadian, genangan air bisa membuat mobil mengalami kecelakaan karena setir menjadi tidak stabil.

Tidak perlu mengaktifkan lampu hazard

Setiap mobil memiliki lampu hazard untuk tujuan tertentu dan tidak tepat digunakan ketika sedang hujan. Perlu diketahui bahwa fungsi dari lampu hazard yaitu memberikan tanda kepada pengemudi lain bahwa mobil sedang dalam keadaan diam atau berhenti di pinggir jalan. Jika memaksakan tetap menggunakan lampu hazard maka akan mengganggu kerja dari lampu sein dan membuat bingung pengendara yang ada di belakang.

Atur suhu ideal dalam kabin

Saat hujan terjadi tentunya suhu di dalam mobil harus disesuaikan dengan yang ada di luar kendaraan. Untuk tetap bisa nyaman di kabin, maka pengemudi harus mengatur suhu yang ideal. Tujuannya adalah agar tidak terjadi kondensasi uap air yang membuat kaca bagian depan atau samping menjadi berembun. Setelah hujan reda, maka suhu bisa dikembalikan lagi menjadi normal agar tetap nyaman.

Jangan rem mendadak

Saat hujan, pengemudi harus mengurangi kecepatan dan juga dilarang untuk melakukan rem mendadak karena bisa menyebabkan ban menjadi slip dan mobil menjadi tidak terkendali. Beberapa hal lain yang mungkin saja terjadi seperti aquaplanning atau kecelakaan beruntun dengan yang ada di depan.

Itulah 4 tips berkendara yang bisa diterapkan saat memasuki musim hujan. Dengan intensitasi hujan yang tinggi juga membuat banyak orang memutuskan untuk beli mobil di mobbi agar tidak lagi merasakan kehujanan selama dalam perjalanan. Kenapa harus beli di mobbi? jawabannya karena menawarkan banyak kelebihan dan sudah menjadi platform jual beli mobil bekas yang dipercaya banyak orang. Jadi tunggu apalagi? segera cari mobil bekas impian selama ini hanya di mobbi.